Bahaya Akibat Terlalu Banyak Minum Teh

Teh menjadi salah satu minuman paling populer di seluruh dunia. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari rutinitas minum teh. Baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Penemuan teh sebagai bahan pembuatan minuman yang saat ini populer tidak terjadi begitu saja dan tanpa disengaja. Adalah Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi, ia merupakan penemu pertama teh sebagai bahan minuman.

Sejarah awal dari penemuan teh pertama kali sebagai bahan minuman oleh kaisar juga tanpa disengaja. Saat itu kaisar sedang memasak air panas di kebun yang banyak tumbuh tanaman teh. Tanpa dinyana ternyata ada daun teh yang jatuh dan masuk pada tempat yang digunakan oleh kaisar untuk memasak air. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya.

Selain karena aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh ternyata juga sangat disukai oleh Sang Kaisar. Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina.

Saat ini sudah ada banyak jenis teh yang ditemukan dan biasa dikonsumsi oleh orang dari seluruh penjuru dunia. Beberapa diantaranya adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak kandungan yang ada pada minuman teh yang memberikan manfaat baik bagi kesehtaan tubuh. Beberapa kandungan dari minuman teh diantaranya adalah antioksidan, kafein, teofilin dan teobromin.

Efek Samping dan Bahaya Akibat dari Minum Teh Terlalu Banyak dan Tanpa Aturan

Meskin mengonsumsi teh bisa menjadi salah satu pilihan minuman kesehatan, namun bila hal itu dilakukan secara berlebihan dapat memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa gejala akibat dari terlalu banyak minum teh akan muncul dan dirasakan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perut mual

Kandungan alkali atau asam yang ada pada teh menyebabkan minum teh saat perut kosong dapat mengganggu lambung, hingga berakibat pada perut merasa mual.

2. Perut kembung

Teh hitam tanpa susu biasa dikonsumsi sebagai minuman untuk membantu melangsingkan badan. Walau sering dianggap sehat dan baik untuk menurunkan berat badan, namun bila minum terlalu banyak teh hitam akan memberikan efek perut kembung.

3. Kelelahan

Teh susu atau yang lebih dikenal dengan sebutan milktea kini tengah menjadi minuman favorit masyarakat, khususnya kaum remaja. Sayangnya, bila anda terlalu banyak minum teh susu pada saat perut kosong belum terisi makanan hal itu bisa menyebabkan kelelahan. Di sisi lain, terlalu banyak minum teh susu berlebihan juga akan mengarah ke tinnitus.

Tinnitus adalah bunyi atau dengungan pada telinga. Kondisi ini bukanlah penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu. Contohnya cedera telinga, masalah pada sistem sirkulasi tubuh, atau kehilangan pendengaran yang muncul seiring bertambahnya usia.

4. Iritasi lambung

Selain menyebabkan perut mual, minum teh lebih dari dua cangkir saat perut masih dalam kondisi kosong dapat memberikan efek mengiritasi lapisan lambung. Tidak hanya itu saja, hadirnya asam dari teh juga mengakibatkan borok dan asam refluks dalam perut.

5. Minum teh membuat mabuk?

Mencampurkan antara dua atau lebih rasa teh dalam satu cangkir sekaligus dapat memberikan efek yang besar terhadap otak dan lambung. Karena itu, ketika anda minum kombinasi teh ini dapat membuat anda merasa mabuk.

7. Minum teh kebiasaan buruk?

Kandungan tanin yang cukup tinggi khususnya pada minuman teh yang lebih kental bisa bereaksi terhadap zat besi dalam makanan anda. Karena itu sebaiknya hindari minum teh sesaat setelah makan.

Itulah beberapa efek samping minum teh yang mungkin akan muncul dan anda rasakan bila dilakukan secara berlebihan sebagaimana yang dikutip dari Boldsky.

Walau minum teh dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh, namun tentunya bila dikonsumsi dalam batas wajar dan mengikuti aturan yang hal itu tidak akan terjadi. Karena bagaimanapun sesuatu yang berlebihan pastikan tidak baik dan akan memberikan efek samping yang buruk.

Bila anda adalah termasuk pecinta minuman teh dimana setiap hari anda selalu minumnya, maka ada baiknya bila anda tidak minum lebih dari tiga cangkir dalam sehari. Karena, bila terlalu banyak minum teh juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan.

loading...
Loading...
minum temulawak sebaiknya kapan, foto es teh, minum darsi saat menstruasi, efek samping tolak angin, kacerbayakminum, Penyebab kacer banyak minum, minum teh hijau cengkeh, efek samping entrostop, minum teh angin satu badan

Bahaya Akibat Terlalu Banyak Minum Teh | akbar | 4.5