Bahaya Akibat Sering Menahan BAB

BAB atau buang air besar adalah cara tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa dari makanan yang tidak dapat dicerna dalam usus. BAB menjadi penting dilakukan karena ini adalah kotoran yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh.

Normalnya, seseorang akan BAB dua hingga tiga kali dalam sehari. Walau demikian, ada juga yang BAB hanya sekali dalam sehari dan bahakn beberapa hari sekali. Karena setiap orang memiliki ritme pencernaan yang berbeda, maka siklus BAB setiap orang juga tidak sama.

Sebelum BAB, biasanya usus akan memberikan sinyal berupa perut terasa mulas. Ketika itu terjadi maka itu adalah waktunya bagi seseorang untuk BAB. Namun ada kalanya seseorang memilih untuk menahan BAB. Padahal, menahan BAB sangat tidak baik bagi kesehatan.

Bahaya Akibat Sering Menahan BAB atau Buang Air Besar

Ketika seseorang sering menahan BAB, maka akan muncul berbagai masalah lain terkait kesehatan tubuh. Dikutip dari laman Vemale.com, berikut ini adalah bahaya akibat dari sering menahan BAB yang mungkin akan terjadi:

1. Kotoran menjadi keras dan menyakitkan pada saat dikeluarkan

Ketika kita terlalu lama menahan kotoran yang ada di usus besar (yang menyerap air) membuat isi perut keras dan tekanan pada dalam perut juga akan menimbulkan rasa sakit luar biasa di bagian belakang.

2. Menyebabkan wasir

Menahan BAB tidak baik dilakukan karena tekanan pada otot usus besar anus yang terlalu keras bisa menyebabkan pembuluh darah bengkak hingga keluar gumpalan daging dari anus yang disebut dengan wasir. Ketika wasir muncul, maka ini akan lebih menyakitkan dibanding hanya menahan BAB.

3. Sistem pencernaan menyerap racun

Karena ditahan di usus besar yang bertugas menyerap air, bukan hanya jadi keras, namun juga sistem pencernaan jadi menyerap zat sisa yang seharusnya dibuang keluar dari tubuh.

4. Sembelit atau justru diare

Menahan BAB jelas bisa menyebabkan sembelit karena kotoran jadi kering di dalam dan sulit dikeluarkan. Ada juga orang mengalami sebaliknya, bukan sembelit, orang justru mengalami diare karena rasa sakit menahan bab. Jika sudah seperti ini, maka pergi ke kamar mandi lebih menyakitkan lagi.

5. Perut menjadi kembung karena kentut terjebak dalam perut

Tidak hanya kotoran yang perlu dikeluarkan dari tubuh, namun juga gas hasil dari proses makanan dalam perut. Karena itu jika menahannya, maka gas akan kembali dan terjebak di dalam perut sehingga membuat perut menjadi lebih sakit.

Keinginan buang air besar memang terkadang dianggap memalukan, terlebih bila rasa itu datang tidak diwaktu yang tepat. Namun demi menjaga kesehatan, akan lebih baik bila kita mengesampingkan rasa malu dan segeralah pergi ke kamar mandi.

loading...
About these ads

Loading...
Bahaya Akibat Sering Menahan BAB | akbar | 4.5
doa menahan lapar saat puasa