Bahaya Akibat Sering Mandi Malam Hari

Mandi menjadi salah satu cara yang biasa kita lakukan sebagai metode untuk pembersihan diri. Dengan mandi maka kotoran dan keringat yang menempel di kulit setelah bekerja seharian akan hilang bersama air yang mengalir.

Umumnya, mandi dilakukan pada pagi, siang atau sore hari. Jarang seseorang mandi di malam hari. Selain karena hawa yang dingin, beberapa mitos terkait larangan pun muncul terkait kebiasaan mandi di malam hari.

Larangan untuk tidak mandi di malam hari bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, ada beberapa efek buruk yang bisa muncul pada seseorang yang biasa mandi di malam hari. Apa sajakah itu?

Bahaya Akibat Sering Mandi Malam Hari

Berikut ini adalah bahaya atau efek buruk akibat dari mandi malam hari yang bisa muncul. Diantaranya yaitu:

1. Nyeri Rematik

Hawa dingin yang dirasakan saat mandi di malam hari akan berpengaruh mempersempit pembuluh darah yang berpengaruh pada kurangnya suplai oksigen ke persendian sehingga timbul rasa nyeri di persendian. Karena itu, seseorang yang memiliki riwayat penyakit rematik sangat tidak dianjurkan untuk mandi di malam hari.

2. Paru-Paru Basah

Resiko seseorang terkena paru-paru basah bisa meningkat pada mereka yang sering mandi di malam hari. Karena itu ada baiknya untuk menghindari mandi malam hari agar terhindar dari penyakit paru-paru basah.

3. Mempercepat Penuaan Dini

Sebaiknya kita cukup ganti baju dan bersihkan wajah kita sebelum tidur setelah melakukan aktivitas seharian. Karena dengan mandi di malam hari apalagi menggunakan air dingin dapat mempercepat penuaan, terlebih bila hal ini dilakukan dalam jangka panjang.

4. Otot Menjadi Tegang

Otot tubuh akan menjadi tegang bila dibasahi dengan air dingin setelah bekerja seharian. Akibatnya adalah membuat kita susah tidur. Karena itu bila memang harus mandi malam hari, maka disarankan untuk mandi dengan air hangat.

5. Sistem Metabolisme Tubuh Terganggu

Suhu tubuh cenderung menurun dan membutuhkan istirahat saat malam hari. Bila kita mandi, maka pori-pori akan terbukka dan air akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.

Itulah beberapa bahaya akibat dari kebiasaan mandi di malam hari. Jadi, kalaupun memang harus mandi di malam hari maka sebisa mungkin untuk menggunakan air hangat dan jangan dilakukan sering-sering. Mandilah di malam hari bila memang sangat diperlukan saja.

loading...
Loading...
efek mandi siang, Akibat mandi siang, Efek mandi siang ha, akibat sering mandi siang hari, akibat sering mandi sia, efek dari sering mandi siang, efek mandi di siang hari, mandi disiang hari untuk ayam bangkok, mnfaat mndi siang hari

Bahaya Akibat Sering Mandi Malam Hari | akbar | 4.5