Bahaya Akibat Konsumsi Minuman Soda Secara Berlebihan

Minuman bersoda banyak disukai orang karena rasanya yang menyegarkan, apalagi saat diminum di siang hari dengan cuaca yang begitu panas. Sayang, dibalik sensasi kesegaran dari minum minuman bersoda bersembunyi bahaya yang mengintai setiap penikmatnya.

Mengonsumsi minuman soda atau minuman berkarbonasi tidak baik bagi kesehatan. Minuman jenis ini ditengarai dapat merusakan kesehatan dan menyebabkan kecanduan. Bahkan minuman soda dapat dikategorikan sama buruknya dengan minuman keras dan merokok. Bahkan ada banyak penelitian yang juga mengklaim bahwa minuman bersoda menyebabkan kanker juga.

Sekedar informasi, air bersoda dibuat dengan menambah karbon dioksida dalam tekanan. Proses ini akan menghasilkan air yang mengandung asam lemah, asam berkarbon. Jadi ketika diminum maka air bersoda dapat menyebabkan kembung dan sendawa. Ini hanya merupakan efek cepat dari minuman bersoda. Tentu berbeda lagi bila minuman soda dikonsumsi dalam waktu jangkja panjang.

Bahaya Akibat Konsumsi Minuman Soda Secara Berlebihan

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan bahaya yang dapat timbul dari konsumsi minuman soda secara berlebihan sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Penyebab insomnia

Bahan kimia Aspartame yang hadir dalam soda dikatakan merupakan penyebab insomnia, depresi dan bahkan gangguan neurologis.

2. Penyebab gigi berlubang

Kandungan gula yang ada pada kebanyakan minuman bersoda dapat merusak gigi, salah satunya adalah menyebabkan gigi berlubang.

3. Menyebabkan kecanduan

Minuman soda memiliki kandungan bahan adiktif dan tidak sehat. Ketka anda merasa bahwa anda tidak bisa hidup tanpa soda, maka bisa jadi anda sudah kecanduan.

4. Penyebab asam urat

Banyak penelitian juga yang menyatakan bahwa minum soda dapat menyebabkan asam urat bila dikonsumsi secara berlebihan dan jumlah banyak. Hal ini dapat terjadi karena di dalam minuman soda ada kandungan fruktosa yang bisa memperburuk kadar asam urat yang menyebabkan asam urat.

5. Mempengaruhi kebugaran reproduksi

Pada umumnya, soda memiliki kandungan bahan kimia tertentu yang dapat mempengaruhi sistem endokrin. Selain itu, karena mengandung bahan kimia tertentu, minum soda dapat mempengaruhi kebugaran reproduksi dalam jangka panjang.

6. Menyebabkan gagal jantung

Pria yang terlalu banyak minum minuman soda berisiko terkena gagal jantung sebesar 20 persen, demikian menurut hasil penelitian. Hal ini bisa disebabkan oleh karena adanya kandungan pemanis buatan dalam soda yang menyebabkan obesitas, diabetes dan masalah jantung.

7. Menyebabkan kanker

Penggunaan pewarna tambahan dari beberapa minuman soda dan bahan kimia di dalamnya dapat menyebabkan kanker. Karena itu, minum terlalu banyak minum minuman bersoda akan berdampak jangka panjang.

8. Mempersingkat usia

Studi tertentu mengatakan bahwa kandungan gula dalam soda cenderung mempersingkat telemore. Banyak penelitian mengatakan bahwa konsumsi rutin soda akan membuat usia lebih cepat.

9. Menyebabkan masalah ginjal

Tingginya tingkat fruktosa yang terkandung dalam beberapa minuman bersoda dapat menyebabkan masalah ginjal bila dikonsumsi secara rutin.

10. Menyebabkan kegemukan

Masalah terbesar dari minuman bersoda adalah bahwa mereka mengandung kalori yang tidak diinginkan. Padahal, konsumsi kalori secara berlebih ini dapat membuat seseorang menjadi gemuk dengan sangat cepat.

Itulah beberapa kemungkinan bahaya akibat minuman bersoda bila dikonsumsi secara rutin dan juga berlebihan. Untuk mencegah hal tersebut, maka kurangilah konsumsi minuman bersoda sekarang juga. Sebagai gantinya, anda bisa coba minuman sehat lainnya yang juga lebih menyehatkan. Minuman segar nan menyehatkan pengganti soda yang bisa anda konsumsi misalnya adalah air kelapa, air lemon, jus segar atau bisa juga es susu cokelat.

loading...
Loading...
campuran minuman yang bikin mabuk, cara menggunakan minyak biawak untuk memperbesar alat vital, apakah bahaya tepung kanji dengan gula, gambar segelas susu, makan makanan berlw

Bahaya Akibat Konsumsi Minuman Soda Secara Berlebihan | akbar | 4.5