Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama

Bekerja terlalu lama di depan komputer ternyata tidak baik bagi kesehatan. Seharian menatap layar komputer bisa mengganggu kesehatan mata. Pun demikian juga dengan posisi duduk yang terlalu lama. Karena terlalu lama duduk pun bisa mengganggu kesehatan.

Setidaknya ada lima bahaya yang mungkin akan muncul akibat terlalu lama duduk. Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Sakit punggung

Duduk terlalu lama untuk menyelesaikan tugas kantor bisa menjadi penyebab sering sakit punggung. Bahkan bila hal itu tidak segera diatasi bisa menimbulkan risiko kelainan tulang belakang.

2. Kolesterol tinggi

Datangnya pemicu kolesterol memang tidak bisa dirasakan langsung setelah seharian duduk. Masalah ini biasanya baru akan muncul setahun kemudian. Penyebabnya adalah karena gangguan fungsi metabolisme, sehingga meningkatkan kadar trigliserida plasma. Juga, pada saat bersamaan, terjadi penurunan sensitivitas insulin.

3. Obesitas

Duduk selama berjam-jam juga dianggap karena anda satu hari tidak banyak mengeluarkan energi dan tidak membakar kalori, hasilnya beberapa kemudian anda akan mengalami obesitas.

4. Varises

Duduk terlalu lama bisa memperlambat sirkulasi darah, pergelangan kaku anda rawan bengkak hingga pada akhirnya akan menyebabkan munculnya varises di kaki.

5. Mati rasa

Duduk dalam satu posisi untuk waktu yang lama bisa jadi akan melukai saraf anda. Masalah ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada anggota tubuh, terutama dapat menyebabkan mati rasa.

Bila pekerjaan memang mengharuskan kita untuk selalu duduk lama, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bahaya akibat dari duduk terlalu lama tersebut. Yaitu misalnya dengan sesekali berdiri dari tempat duduk sambil menggerakkan badan, bisa juga dengan cara berjalan ke pentri untuk mengambil minuman setelah merasa tubuh terasa pegal dan capek.

loading...
Loading...
Penyebab pega

Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama | akbar | 4.5