Bacaan Do’a Minta Turun Hujan

Musim kemarau berkepanjangan menyebabkan beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringan hingga menyebabkan krisis kekurangan air. Ditambah lagi dengan adanyanya bencana kebarakaran hutan menyebabkan terjadi kabut asap di sejumlah daerah di Indonesia. Yang mana akibat dari kabut asap tersebut selain menyebabkan resiko terganggunya kesehatan masyarakat juga mengganggu aktivitas keseharian.

Sebagai manusia yang beragama, maka kita dianjurkan untuk terus bersabar, termasuk dalam menunggu hujan turun di tanah Indonesia tercinta ini. Dalam menghadapi bencana kekeringan, kita hendaknya selalu bersabar dan berdo’a memohon kepada Allah SWT agar sekiranya hujan bisa segera diturunkan.

Do’a Minta Turun Hujan

Berikut adalah salah satu do’a minta segera turun hujan sebagaimana yang diambil dari hadis riwayat Abu Dawud:

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Alloohumma asqinaa ghoitsan, mughiitsan, marii-an, naafi’an ghiro dhoorrin, ‘aajilan ghoiro aajilin

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR. Abu Dawud 1/303, dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud 1/216).

Do’a minta hujan di atas hendaknya selalu dibaca, khususnya ketika setelah shalat lima waktu.

Selain dengan terus memanjatkan do’a minta hujan, ketika kekeringan sudah cukup parah dimana hujan cukup lama tidak turun hujan maka umat Islam juga disunnahkan untuk melakukan shalat minta hujan, yaitu shalat Istisqa.

loading...
Loading...
doa minta hujan, doa meminta hujan, doa minta turun hujan, doa minta hujan allahu ya karim, cara memanggil hujan turun, doa di turunkan hujan, doa memanggil hujan, doa pemanggil hujan

Bacaan Do’a Minta Turun Hujan | akbar | 4.5