Baca Dulu, 4 Langkah Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Bisnis properti merupakan salah satu contoh bisnis yang sampai kapanpun tidak akan pernah mati. Hal ini karena properti, salah satu jenisnya mencakup rumah akan selalu dibutuhkan setiap manusia sebagai tempat untuk tinggal.

Sebagai salah satu dari tiga kebutuhan primer manusia, maka tentunya rumah dianggap sebagai salah satu kebutuhan dasar yang tidak lagi bisa terelakkan.

Karena itu anda termasuk orang yang beruntung bila saat ini anda sudah memiliki rumah. Terlebih lagi bila ternyata anda memiliki cukup tabungan dan berencana untuk membangun bisnis rumah kontrakan.

Namun sebelum memulai bisnis kontrakan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal penting agar nantinya dari biaya sewa rumah tersebut dapat memberikan keuntungan yang fantastis.

Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis rumah kontrakan:

1. Cari lokasi favorit

Lokasi favorit dimana banyak orang mencari rumah tinggal sementara atau kontrakan adalah darerah yang lokasinya berada dekat dengan kawasan industri, permukiman warga yang ramai, pasar, pusat perbelanjaan, maupun gedung universitas.

2. Cari penjual BU

Setelah berhasil mendapatkan lokasi tepat, waktunya sekarang anda untuk mencari warga sekitar yang berencana menjual tanah kosongnya.

Beruntung, bila anda menemukan penjual yang tengah membutuhkan dana cepat demi kebutuhan gentingnya.

Harga tanah yang sedikit lebih rendah dari pasaran adalah kunci utama dalam berbisnis rumah kontrakan.

Pasalnya, tanah adalah elemen yang bakal menentukan besar kecilnya dana modal. Semakin kecil modal, maka semakin besar kemungkinan untuk meraih return of investment.

3. Potensi kenaikan harga

Adalah wajib bagi anda menimbang proyeksi kenaikan harga sewa rumah berdasarkan perkembangan kawasan.

Bisa jadi, dalam lima tahun kedepan, pemerintah setempat mencanangkan pembangunan infrastruktur baru yang tentu berpengaruh pada harga properti sekitar.

Inilah faktor-faktor yang harus diketahui, agar bisnis yang anda geluti tidak akan berhenti di nominal yang sama tiap tahunnya.

4. Bandingkan dengan pesaing

Untuk memudahkan bagi anda saat merancang konsep rumah kontrakan, tidak ada salahnya bila anda memperhatikan apa-apa saja fasilitas yang dimiliki kontrakan sebelah. Misal, apakah ia punya ruang khusus jemur pakaian, kitchen sink, atau garasi mobil.

Jika pesaing tidak memiliki fasilitas menarik, maka ini bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk menyertakan kekurangan tersebut dalam rumah kontrakan.

Namun perlu diperhatikan juga kebutuhan pasar sekitar, apakah penyewa memang mencari fasilitas itu atau tidak. Harapannya, jangan sampai modal yang sudah anda keluarkan ternyata terbuang sia-sia karena memang calon penyewa tidak membutuhkannya.

Demikian mengenai beberapa tips sebelum memulai bisnis kontrakan yang harus diperhatikan sebagaimana dikutip dari Rumah.com.

loading...
Loading...
Baca Dulu, 4 Langkah Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kontrakan | akbar | 4.5