Asuransi adalah Gaya Hidup Manusia Modern

Halaman: 1 2

Asuransi adalah gaya hidup manusia modern. Hal ini mengandung arti bahwa di masa modern manusia sudah menganggap pemilikan polis asuransi sebagai bagian dari kelengkapan hidup yang harus ada, dan dipercayai sebagai solusi terbaik untuk mengatasi berbagai persoalan, mulai dari jaminan biaya pendidikan, kesehatan, jaminan properti, kendaraan, pita suara, kaki atlet dan lain-lain. Di masa kini, semua perlindungan atas segala macam resiko yang mungkin terjadi dalam hidup bisa diasuransikan.

Sejarah Singkat Asuransi

Namun, sebelum menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern, asuransi sebenarnya sudah dipraktikkan jauh-jauh hari. Asuransi yang tercatat pertama kali dalam sejarah manusia adalah asuransi perjalanan laut. Anda mungkin pernah mendengar jika di masa lalu terkenal banyak sekali pelaut yang memiliki keberanian untuk berlayar ke daerah-daerah yang belum diketahui.

Konon, ekspedisi laut merupakan ekspedisi yang sangat berbahaya. Mereka yang gagah berani belum tentu bisa kembali. Namun dari segi ekonomi, ekpedisi-ekspedisi laut ini merupakan aktivitas yang sangat menguntungkan. Mengingat besarnya keuntungan itu para bangsawan umumnya rela membiayai ekpedisi yang panjang dan mahal ini. Seandainya ekspedisi berhasil –seperti misalnya keberhasilan ekspedisi Colombus yang menemukan benua Amerika– maka keuntungan material yang diperoleh pun sangat banyak. Namun apabila kapal-kapal ekspedisi ini hancur, maka biaya yang diberikan tersebut pada akhirnya tidak lagi diperhitungkan. Itulah awal mula praktik asuransi; praktik yang pada awalnya kental dengan nuansa spekulasi dan harapan akan keuntungan yang besar di masa depan.

Memasuki abad ke-17 M, terdapat sedikit kemajuan di bidang asuransi, dimana praktik layanan asuransi mulai merambah pada proteksi atas kerugian yang diakibatkan musibah kebakaran. Peristiwa ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh peristiwa kebakaran hebat di Inggris, yang menghanguskan ribuan rumah dan gereja. Pasca peristiwa itu, praktik asuransi serupa mulai direplikasi di banyak tempat di dunia. Seiring waktu, praktik asuransi pun terus menerus berevolusi, baik dari segi paket yang ditawarkan maupun pemanfaatannya.

loading...
Loading...
Asuransi adalah Gaya Hidup Manusia Modern | akbar | 4.5