Asupan Nutrisi Penting Saat Menstruasi yang Harus Dikonsumsi

Beragam efek negatif bisa muncul saat wanita sedang menstruasi. Siklus bulanan yang dialami oleh wanita ini tidak jarang terasa begitu menyiksa bagi sebagian besar wanita.Beragam efek samping yang muncul saat menstruasi seperti perut keram, mual, emosional dan pusing merupakan gejala saat sedang menstruasi. Namun maslaah tersebut bisa teratasi bila seorang wanita mau mempertahankan pola makan yang sehat.

Asupan Nutrisi Penting yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi

Berikut beberapa panduan mengenai asupan nutrisi dan gizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama haid.

1. Minum cukup air

Pada masa menstruasi yang normal, maka seorang wanita dalam sehari ia akan kehilangan darah kurang lebih sebanyak 10-80cc. Jumlah darah yang keluar akan lebih banyak lagi bila si wanita ternyata mengalami menstruasi yang lebih berat. Sehingga kehilangan cairan tersebut harus digantikan dengan minum air yang cukup.

2. Konsumsi kalsium

Pastikan untuk mengonsumsi kalsium yang cukup selama masa menstruasi. Fungsi kalsium bagi wanita yang menstruasi adalah dapat membantu mempertahankan tonus otot dan mencegah kram dan nyeri perut. Adapun sumber kalsium yang baik bisa diperoleh dari konsumsi susu rendah lemak, kedelai atau susu beras, tofu, yogurt, sayur brokoli, dan ikan salmon.

3. Karbohidrat kompleks

Konsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, buah segar dan sayuran. Keluhan lain yang sering dialami saat haid berupa konstipasi (susah buang air besar). Makanan yang dapat membantu mengurangi gejala tersebut adalah sayuran.

4. Magnesium

Tingkatkan konsumsi magnesium dalam makanan. Manfaat magnesium bagi wanita yang mesntruasi adalah bisa mengoptimalisasi kapasitas tubuh dalam menyerap kalsium dan mengurangi kram perut. Adapun sumber makanan dari konsumsi makanan dari kacang-kacangan dan tofu.

5. Vitamin E

Konsumsi vitamin E selama masa menstruas bisa berguna sebagai antioksidan yang dapat mengatasi beberapa gejala pre haid dan juga memberikan manfaat pada sistem sirkulasi. Sumber makanan yang mengandung vitamin E misalnya adalah buah alpukat, kuning telur dan hati.

6. Vitamin B6

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 juga penting untuk dikonsumsi oleh wanita selama menstruasi. Sumber makanan yang mengandung vitamin B6 misalnya adalah kentang dan pisang. Manfaat vitamin B6 adalah untuk membantu metabolism protein dan sel darah merah dan telah dilansir dapat mengurasi depresi.

7. Vitamin C dan zinc

Vitamin C dan zinc merupakan zat gizi yang berguna sebagai pendukung kesehatan sel telur wanita dan sistem reproduksi.

Ada banyak zat besi yang ikut terbuang bersama darah yang keluar saat menstruasi. Padahal, zat besi sangat diperlukan oleh tubuh. Seseorang yang mengalami kurang zat besi biasanya akan muncul gejala seperti tubuh mudah lelah, pucat, rambut rontok, mudah marah, lemah dan gangguan fungsi pertahanan tubuh. Untuk mencegah hal itu muncul, maka selama masa mesntruasi seorang wanita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti misalnya daging, ayam, ikan, kacang-kacangan dan juga sereal.

Selain makanan tersebut diatas, seorang wanita yang sedang menstruasi juga ada baiknya untuk menghindari konsumsi kafein serta konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi.

loading...
Loading...
asian teen girl kelua darah hait, luka perban di perut

Asupan Nutrisi Penting Saat Menstruasi yang Harus Dikonsumsi | akbar | 4.5