Asupan Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Saat diare datang menyerang, mau tak mau kita harus bolak-balik ke toilet tak perduli kalau ternyata saat itu kita sedang banyak aktivitas atau tidak. Karena itu, agar kondisi tersebut tidak terus berlanjut bahkan menjadi semakin parah, maka sebaiknya hindari mengonsumsi asupan-asupan tertentu.

Ada beberapa asupan makanan yang perlu dihindari saat anda sedang mengalami diare. Yang pertama adalah menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak. Karena makanan berlemak tinggi bisa mempercepat kontraksi usus dan menimbulkan reaksi pada sistem pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya hentikan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, mengandung krim atau berbalut saus berminyak saat sedang diare.

Tidak hanya makanan berminyak, namun juga penting bagi anda untuk menghindari konsumsi produk olahan susu. Diare sendiri menyebabkan berkurangnya jumlah enzim laktase. Laktase sendiri dibutuhkan tubuh untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu. Nah, bila gula susu tersebut tidak bisa dicerna dan menumpuk, maka yang terjadi adalah bisa menyebabkan gejala lanjut sepert begah, kembung dan mungkin juga mual. Produk olahan susu yang dimaksud tersebut termasuk di antaranya adalah mentega, keju, es krim, dan susu.

Anda juga disarankan untuk sementara waktu tidak mengonsumsi makanan bergas saat sedang diare. Beberapa makanan penyebab gas dalam perut semisal brokoli, kembang kol, kubis, bawang dan kacang polong bisa meningkatkan kadar gas di dalam usus dan akan memperparah diare.

Namun yang pasti, apapun makanan yang ingin anda makan, jangan lupa untuk mengutamakan faktor keamanan dan kebersihannya. Pastikan anda mencuci tangan sebelum menyiapkan bahan makanan. Juga, bahan-bahan makanan tersebut harus dicuci dulu dengan benar dan bersih.

loading...
Loading...
Asupan Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare | lawas | 4.5