Arti dan Cara Cek Status Kiriman Paket JNE

Anda yang biasa belanja online tentu sudah familioar dengan namanya JNE. Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal dengan JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi layanan antar paket yang cukup populer di Indonesia. Tidak hanya melayani pengiriman paket domestik, namun JNE juga melayani pengiriman paket ke luar negeri.

Setiap pelanggan melakukan pengiriman paket, maka pelanggan akan diberikan nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket. Dengan menggunakan nomor resi JNE, maka kita bisa tahu arah dimana lokasi pengiriman barang atau paket saat ini sedang berada. Jadi pelanggan bisa terus memantau proses perjalanan paket yang dikirimkannya. Karena ada kalanya tidak semua agen JNE akan mengantarkan paket kiriman, namun hanya dikirim pesan SMS bahwa paket sudah sampai dan bisa diambil di agen JNE.

Seperti di tempat kami, di Rimbo Bujang. Agen JNE Rimbo Bujang tidak akan mengantarkan setiap paket yang diterima, namun pelanggan akan mendapatkan notifikasi berupa SMS pemberitahun bahwa ada paket dan bisa diambil di JNE Rimbo Bujang.

Karena itu sangat penting mengetahui status pengiriman paket atau shipment status. Dengan mengetahui status kiriman, maka kita bisa memantau apakah paket sudah tiba di agen atau belum.

Sayangnya, status kiriman paket biasanya berupa kode, jadi belum tentu semua orang akan tahu apa artinya itu. Nah, bagi anda yang belum tahu arti dari shipment status JNE, berikut ini adalah penjelasan status resi untuk jasa pengiriman dengan kurir JNE:

Status Penjelasan
Manifest Barang baru didaftarkan di agen JNE asal pengiriman
On-Process Barang sedang dalam proses pengiriman / dalam perjalanan
On-Transit Barang sedang transit di agen JNE di kota yang tertera
Received On Destination Barang telah sampai di agen kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan
Delivered Barang telah diterima di alamat yang dituju

Itu adalah status pengiriman paket JNE yang paling umum ditemui saat kita melakukan pengecekan resi JNE. Namun karena pada setiap proses bisa saja terjadi masalah atau kendala, maka JNE juga memberikan beberapa kode shipment status lainnya untuk proses pengiriman tidak lancar atau ada masalah. Berikut adalah beberapa kode shipment status JNE yang lainnya:

Criss Cross Barang tertukar
Cnee Unknown Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan
AU to OPS Antar ulang atau serah terima dari bagian yang menangani kiriman yang bermasalah, ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang, ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
AU (Antar Ulang) Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
Redelivery/RD Barang diantar ulang
BA (Bad Address) Alamat tidak lengkap atau kurang jelas
R (misroute) Salah antar, salah kirim, salah jalur, atau salah alamat
Closed Once Delivery Attempt Kurir telah datang, tetapi rumah atau alamat penerima sedang tutup atau kosong
TH (Not At Home?) Penerima tidak ada di rumah (sedang keluar)

Cara Cek Resi JNE

Untuk cara cek resi JNE bisa dilakukan langsung di situs resmi JNE di http://jane.co.id. Masukkan kode resi JNE lalu klik tombol “TRACKING”. Klik “I’m not a robot”. Klik tombol “TRACKING”. Untuk mengetahui lebih detail mengenai informasi status kiriman paket, silahkan klik link nomor resi JNE di bagian bawah.

loading...
Loading...
arti status M JNE, cek status bujang

Arti dan Cara Cek Status Kiriman Paket JNE | akbar | 4.5