Apple Kurangi Game “Freemium”

Freemium adalah istilah untuk aplikasi yang ditawarkan secara gratis pada awalnya namun kemudian pengguna diharuskan membayar untuk mengakses fitur-fitur tertentu. Nah, aplikasi game dengan mode promosi seperti ini banyak ditawarkan di Apple App Store. Belakangan ini, perlahan tapi pasti Apple App Store mulai menghilangkan game-game terbaik berkedok gratisan seperti ini.

Seperti yang dilansir MacStories, Apple kini mulai mempromosikan game-game terbaik dalam sistem operasi iOS di halaman utama App Store tanpa In-App Purchase, atau pembayaran dalam aplikasi. Kini, mereka mempromosikan semacam kampanye baru bertajuk “Pay Once and Play” atau istilah keren dari “Bayar Sekali dan Main”. Di kolom kampanye tersebut, pengguna dapat menemukan game-game terbaru, terlaris, dan game-game asli App Store tersebut. Dengan ini, pengguna hanya perlu membayar sekali untuk dapat memainkan game tersebut sepuasnya.

Tampaknya keputusan ini memang tidak terlepas dari kritikan yang diterima perusahaan asal Amerika Serikat ini. Terdapat banyak sekali kritikan yang mereka terima mengenai In-App Purchase ini. Namun seperti tidak bergeming, mereka tetap jalan terus. Hingga saat ini pun, game-game terkenal seperti Threes, Leo’s Fortune, Blek, maupun Minecraft tidak serta-merta dihilangkan fitur Freemium-nya. Hanya saja, kini didesain sedemikian rupa agar tidak terkesan menipu pengguna.

Hingga saat artikel ini ditulis, belum ada kabar lebih lanjut apakah kolom kampanye promosi “Pay Once and Play” di laman App Store akan dibuat permanen atau tidak.

loading...
About these ads

Loading...
Apple Kurangi Game “Freemium” | akbar | 4.5