Apa Itu Sindrom Steven Johnson ?

Sindroma Steven Johnson (SSJ) akan ditandai dengan trias kelainan pada area kulit vesikulobulosa, mukosa orifisium dan juga mata yang disertai gejala umum berat. Bentuk klinis SSJ sendiri biasanya terdapat pada bayi, anak kecil dan juga orang tua. Kaum lelaki dilaporkan memang lebih sering menderita penyakit SSJ dibandingkan perempuan.

Penyebab Sindrom Steven Johnson

Penyebab dari penyakit Sindrom Steven Johnson ini sendiri memang sulit untuk ditentukan dengan pasti. Pasalnya disebabkan oleh beberapa faktor. Meski pada umumnya selalu dikaitkan dengan respons imun terhadap obat. Penyebab dari timbulnya SSJ ini antara lain adalah infeksi berupa virus, jamur, bakteri hingga parasit dan juga obat salisilat, sulfa, penisilin, antikonvulsan serta obat anti inflamasi non steroid hingga makanan.

Hubungan obat dan juga penyebabnya menjadi salah satu gejala yang akan timbul selama 21 hari usai minum obat. Bila pemberian obat terus dilakukan dan menimbulkan gejala klinis, sindrom ini akan muncul dalam episode tunggal yang akan terjadi berulang kali hingga keadaan menjadi lebih buruk.

Cara Mengobati Sindrom Steven Johnson

Pengobatan ini sendiri terdiri dari terapi suportif, kortikosteroid, Human Intravenous Immunoglobulin atau IVIG hingga antihistamin dan juga antibiotika. Pada kasus ringan, prognosisnya baik dimana terjadi penyembuhan hingga selang waktu 2 – 3 minggu. Kematian sendiri berkisar diantara 5 – 15% terhadap kasus berat dan kritis. Prognosis sendiri akan lebih berat jiak terjadi purpura yang lebih luas. Kematian akan terjadi jika terjadi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit, bronkopneumonia hingga sepsis.

loading...
Loading...
Apa Itu Sindrom Steven Johnson ? | akbar | 4.5