Aneka kandungan gizi dan Manfaat tempe

Jika berbicara tentang negara Indonesia, selain lalapan, tahu, yang cukup terkenal lainnya adalah produk tempe. Walaupun tahu dan tempe sama-sama terbuat dari kedelai, namun kedua produk ini bisa terkenal karena harganya yang murah juga mengenyangkan. Mungkin Anda berpikir karena harganya yang murah, maka kandungan nutrisi pada tempe dan manfaatnya untuk kesehatan itu sedikit? Tetapi itu salah besar, mari baca selengkapnya.

Tempe yang bertekstur lembek ini memang seringkali dijadikan perumpamaan orang yang loyo dan tak berguna, padahal tempe walaupun lembek memiliki kandungan gizi serta manfaat yang tak dapat diremehkan dan hanya dipandang sebelah mata saja. Jika Anda bertanya pada masyarakat Indonesia, mulai dari kota hingga desa, pasti rata-rata orang mengenal dengan yang namanya tempe, akan sangat keterlaluan jika tidak mengenal tempe. Di negara Indonesia maupun seluruh dunia juga senang mengkonsumsi jenis makanan berbahan kacang kedelai ini.

Bermacam makanan dapat diolah menggunakan bahan tempe, mulai dari Chinese food hingga masakan Padang. Itu karena rasa tempe yang gurih dan enak. Anda dapat membuat beraneka macam makanan ala restoran dan warung Tegal hanya dengan memanfaatkan tempe. Beberapa jenis makanan olahan dari tempe misalnya tempe balado, tempe goreng, oseng tempe, tempe asam manis dan masih banyak produk olahan lainnya menggunakan tempe yang murah harganya ini. Tempe memang cocok dikombinasikan bersama produk sayur serta daging, dan beragam makanan lainnya.

Kandungan gizi dari tempe

Tempe merupakan makanan yang memang sangat bergizi untuk dimakan. Tahu dan juga tempe mempunyai bermacam manfaat yang positif bagi tubuh manusia. Walaupun harganya memang tak terlalu mahal, namun kandungan gizinya cukup banyak, dapat Anda lihat di bawah ini:

  1. Karbohidrat
  2. Serat pangan
  3. Zat besi
  4. Kalsium
  5. Protein nabati
  6. Vitamin B
  7. Keratin
  8. Fosfor

Itulah kandungan dari tempe. Produk tempe ini juga dapat dibilang sebagai produk yang kaya protein nabati, apabila dibandingkan dengan protein hewani contohnya daging sapi, daging ayam dan berbagai daging yang dari hewan lainnya, tempe merupakan alternatif sumber protein yang murah. Berdasar penelitian, terdapat informasi jika kandungan protein pada tempe itu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kandungan protein hewani. Dan penelitian terbaru juga menunjukkan apabila kandungan gizi dari tempe ini juga mirip kandungan gizi dari yoghurt, di mana yoghurt juga sama-sama dibuat dengan cara difermentasi, hanya bahan utamanya susu sapi bukan kedelai, itu perbedaannya.

Manfaat tempe bagi kesehatan

Setelah Anda mengetahui tentang kandungan nutrisi dari tempe, sekarang mari membahas tentang manfaat dari tempe bagi kesehatan.

  1. Tempe memiliki kandungan sumber protein yang bebas lemak, berbeda dengan protein hewani, jadi cocok untuk yang ingin memenuhi kebutuhan tubuh akan protein namun sedang dalam proses diet, kandungan protein dari tempe ini terdiri atas 18 macam asam amino dan protein.
  2. Tempe juga dapat mencegah beberapa type penyakit degeneratif
  3. Tempe gampang dicerna serta memiliki kandungan enzim pencernaan dari jamur rhizopus oligoporus atau ragi saat difermentasi, jadi cocok bagi anak, karena bagus untuk pencernaan anak Anda.
  4. Tempe dapat membantu anak yang terkena gangguan kembung perut.
  5. Tempe juga mempunyai kandungan menurunkan lemak atau lipid di dalam darah.

Sekian artikel tentang aneka kandungan gizi dan manfaat tempe, semoga berkenan.

loading...
About these ads

Loading...
Aneka kandungan gizi dan Manfaat tempe | akbar | 4.5