Ancaman dan Bahaya yang Muncul Akibat dari Kabut Asap

Tidak hanya merusak ekosistem, namun kebakaran hutan baik yang disengaja maupun tidak disengaja akan menimbulkan kabut asap yang efeknya sangat buruk bagi kesehatan.

Gangguan kesehatan akibat kabut asap akan lebih mudah terjadi pada orang yang memiliki gangguan paru dan jantung, lansia, dan juga anak-anak.

Dampak langsung yang akan dirasakan akibat dari kabut asap adalah infeksi paru dan saluran napas. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi lokal pada selaput lendir di hidung, mulut dan tenggorokan. Kemudian juga menyebabkan reaksi alergi, peradangan, hingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan yang paling berat menjadi pneumonia.

Penyakit ISPA juga akan lebih mudah terjadi karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh, pola bakteri atau virus, ditambah buruknya lingkungan.

loading...

Selain infeksi pernapasan, dampak lainnya yang mungkin terjadi adalah gangguan iritasi pada mata dan kulit akibat kontak langsung dengan asap kebakaran hutan. Mulai dari terasa gatal, mata berair, peradangan, dan infeksi yang memberat. Bagi yang telah memiliki asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, dan PPOK akan diperburuk jika asap karena asap terhirup ke dalam paru.

Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

Berbagai penyakit kronik di berbagai organ tubuh, seperti jantung, hati, ginjal juga dapat saja memburuk. Sebab, dampak tidak langsung kabut asap dapat menurunkan daya tahan tubuh dan juga menimbulkan stres.

Kemudian, dampak secara tidak langsung asap kebakaran hutan adalah dapat mencemari air bersih. Jika dikonsumsi masyarakat, bisa mengganggu saluran cerna. Selain itu, dapat mencemari buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk itu cucilah hingga bersih sebelum dikonsumsi.

Untuk cara mencegah efek buruk dari kabut asap, masyarakat yang telah memiliki penyakit kronik dan gangguan pernapasan sebaiknya mengurangi intensitas ke luar ke luar rumah. Selalu gunakan masker yang baik jika berada di luar rumah. Lalu, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

loading...
Loading...
nama bakteri asap kebakaran hutan, bakteri asap kebakaran hutan

Ancaman dan Bahaya yang Muncul Akibat dari Kabut Asap | lawas | 4.5