Alasan Minum Kopi Bisa Menyebabkan Perut Terasa Mulas

Salah satu tujuan minum kopi di pagi hari adalah untuk membuat tubuh menjadi segar dan tidak mengantuk lagi. Namun yang jadi soal adalah ternyata setelah minum kopi anda malah justru sakit perut dan ingin buang air besar.

Pernahkah anda mengalami sedang enak-enaknya minum kopi di pagi hari tiba-tiba saja perut terasa mulas dan mau tak mau anda harus segera ke toilet dan buang air besar?

Ternyata memang ada alasan dan penjelasan secara medis kenapa bila setelah minum kopi di pagi hari dapat menyebabkan perut mulas yang ujung-ujungnya harus ke kamar mandi.

Ternyata, adanya kandungan kafein di dalam kopi itulah yang menyebabkan perut mulas. Kafein merangsang sistem saraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Saraf vagus yang mengontrol jantung dan saluran pencernaan menghubungkan sistem saraf pusat ke saluran pencernaan.

loading...

Selain itu, kafein juga mengandung agen penstimulasi usus yang disebut teofilin dan xanthine. Keduanya berperan untuk menimbulkan kontraksi yang disebut peristaltik.

Partikel ini akan bergerak sepanjang usus dan membuat feses bergerak mendekati rektum. Dan secara tiba-tiba, Anda memiliki sensasi gerakan usus yang frontal.

Kandungan xanthine dalam kopi dan juga jumlah kafeinnya adalah dua hal yang bertanggung jawab dalam perangsangan buang air besar.

Kecepatan reaksi ingin buang air besar setelah minum kopi, berbeda-beda setiap orangnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan kecepatan orang untuk memetabolisme kafein.

Namun bagi kebanyakan orang, kopi adalah minuman pertama yang dinikmati setelah bangun tidur.

Selain minum kopi, minum teh yang tin ggi kandungan kafein juga dapat menyebabkan efek samping serupa, yaitu menyebabkan perut mulas. Cokelat panas juga bisa. Namun tidak demikian halnya dengan minuman berenergi.

Selain buang air besar, xanthine juga ternyata dihubungkan dengan seringnya buang air kecil. Beberapa penelitian sudah membuktikan sifat diuretik dari senyawa ini.

Namun pengaruh terhadap sifat diuretik ini tergantung dari berapa banyak jumlah kafein yang dicerna.

Berdasar hasil penelitian, kafein dan xanthine akan menyebabkan timbulnya sifat diuretik jika dikonsumsi lebih atau sama dengan 250 miligram.

loading...
Loading...
kenapa jika saya meminum kopi perut akan terasa mules?

Alasan Minum Kopi Bisa Menyebabkan Perut Terasa Mulas | akbar | 4.5