Alasan Mentimun Bisa Membantu Melawan Kanker dan Diabetes

Manfaat mentimun sangat besar bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dan senyawa pada mentimun berkhasiat untuk melawan berbagai penyakit salah satunya seperti membantu mengobati kanker dan diabetes, meskipun memiliki lebih sedikit kandungan vitamin dan mineral daripada kebanyakan buah atau sayuran lainnya.

Apakah mentimun efektif bisa membantu melawan kanker dan diabetes? Jika merujuk pada kandungan senyawa pada mentimun, penelitian menunjukan bahwa buah dan daun dari tanaman ini mampu membunuh dan menekan pertumbuhan sel kanker, serta menyembuhkan diabetes. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa mentimun bisa mambantu dalam mengobati kanker dan diabetes seperti dilansir dari boldsky.com

1. Cucurbitacin

Pada buah mentimun mengandung senyawa yang disebut cucurbitacin, yang menghasilkan rasa pahit dalam mentimun. Karena senyawa ini pahit seperti sifat obat, maka cucurbitacin menjadi contributor utama mentimun sehingga efektif dalam mengobati kanker dan diabetes.

2. Lignan

Terdapat 3 lignan yang ditemukan pada buah mentimun. Dimana lignan ini memiliki peran penting untuk membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker tertentu. Serta salah satu lignan pada mentimun yakni Pinoresinol, memiliki khasiat untuk menekan pertumbuhan sel-sel leukemia.

3. Saponin

Saponin adalah senyawa kimia alami pada mentimun yang bertindak seperti obat alami untuk melawan diabetes. Ini akan membuat ikatan jaringan sehingga memungkinkan insulin dan glikogen untuk masuk ke dalam sel darah, inilah yang akan mengurangi kadar gula dalam urin, serta membantu melarutkan lemak dalam jaringan.

4. Bitterness (kapahitan)

Rasa pahit pada mentimun memiliki sifat obat, yang mana kepahitan dalam mentimun dikenadlikan oleh dua sifat genetik seperti Bi dan Bt. Untuk Bi membantu memproduksi senyawa kapahitan seluruh tanaman mentimun, sedangkan Bt mengarah pada kepahitan buahnya saja.

Itulah beberapa alasan mentimun bisa membantu dalam melawan atau mengobati kanker dan diabetes. Selain itu, mentimun juga cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes yang sedang diet. Mentimun ini dapat diolah menjadi jus atau dikonsumsi dalam salad. Maka dari itu, sifat-sifat anti kanker pada mentimun menjadi pilihan yang tepat jika dimasukan dalam menu sehat diet Anda. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
kencing manis apakah bisa makan timun, lebih bahaya mana diabet atau kanker, manfaat timun untuk penderita diabetes, mentimun untuk penderita kanker, Timun boleh gak buat gula darah, timun untuk kanker payudara

Alasan Mentimun Bisa Membantu Melawan Kanker dan Diabetes | akbar | 4.5