Alasan Kenapa Bumbu Halus yang Diblender Tidak Seenak Bumbu Ulek

Bagi anda ibu rumah tangga yang biasa memasak di dapur sendiri, maka akan tahu dan bisa membedakan bahwa makanan yang menggunakan bumbu yang dihaluskan dengan blender tidak bisa seenak dan selezat bumbu yang dihaluskan secara manual menggunakan ulekan atau cobek. Apa alasannya?

Menurut Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia, mengatakan bahwa bumbu yang diolah dengan cara diblender akan menghasilkan rasa yang berbeda. Perbedaannya terletak pada panas yang dihasilkan pada proses penghalusan. “Bedanya kalau diulek kan tidak menghasilkan panas, sedangkan diblender ada mesin yang jadi panas,” jelas Bondan saat ditemui di Jakarta. Demikian sebagaimana yang dikutip dari Okezone.

Blender yang digerakkan menggunakan tenaga listrik akan menghasilkan panas ketika bergesekan dengan bahan bumbu, sementara bila menggunakan cobek tidak ada panas yang dihasilkan.

Panas yang terkena bumbu akan membuat bumbu punya rasa yang berbeda saat dimasak. Hasilnya, rasa bumbu akan kurang keluar bila dihaluskan dengan menggunakan blender.

Sedikit solusi mungkin agar bumbu blender tetap bisa enak, maka sebelum bumbu diblender sebaiknya semua bahan di memarkan dulu. Kemudian juga proses memblender sebaiknya jangan terlalu lama. O ya, jangan tambahkan air saat memblender. Sebaiknya tambahkan minyak, karena minyak dapat menambahkan rasa dalam masakan dan berfungsi juga sebagai pengawet alami.

Itulah alasan kenapa masakan dengan bumbu yang dihaluskan menggunakan blender tidak bisa seenak dan selezat masakan yang menggunakan bumbu yang dihaluskan dengan cara diuleg menggunakan cobek.

loading...
About these ads

Loading...
Alasan Kenapa Bumbu Halus yang Diblender Tidak Seenak Bumbu Ulek | akbar | 4.5
sindiran halus menagih hutang