Alasan Kenapa Beras Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimasak

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Namun sebelum dimasak menjadi nasi, beras akan dicuci dulu. Tahukah anda, kenapa beras harus dicuci sebelum dimasak?

Sebagaimana yang dikutip dari laman WikiHow, bahwa beras harus dicuci terlebih dulu sebelum diolah karena untuk menghilangkan zat tepung yang menempel pada bulir beras. Secara alami zat tepung ini memang ada di bagian bulir beras. Meski sebenarnya zat ini tidak berbahaya, namun lebih baik lagi jika zat tepung ini dibersihkan untuk hasil nasi yang lebih higienis.

Selain untuk menghilangkan zat tepung, manfaat mencuci beras juga berguna untuk mencegah nasi yang dimasak menjadi menggumpal.

Cara mencuci beras yang benar adalah dengan meletakkan beras dalam mangkuk dan cuci dibawah air dingin yang mengalir. Gosokkan perlahan bulir beras menggunakan tangan. Diamkan sebentar sebelum membuang airnya. Langkah ini bisa dilakukan dua hingga tiga kali sampai beras benar-benar bersih. Cara ini bisa diterapkan pada semua jenis beras, termasuk juga jenis beras merah atau beras hitam.

loading...
Loading...
kenapa beras harus dicuci sebelum dimasak

Alasan Kenapa Beras Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimasak | akbar | 4.5