Akibatnya Bila Kurang Mengonsumsi Gula

Hampir setiap hari kita selalu mengonsumsi gula. Mulai dari makanan hingga minuman, semua hampir selalu ada zat gulanya. Bahkan, buah-buahan yang kita makan pun terkandung zat gula.

Disadari atau tidak, mau tak mau kita memang selalu mengonsumsi gula setiap harinya. Karena pada dasarnya setiap manusia memang menyukai makanan manis, terutama anak-anak.

Sayangnya, mengonsumsi gula secara berlebihan dan terus menerus dapat membahayakan kesehatan tubuh. Konsumsi gula dalam jumlah berlebihan diketahui dapat merugikan kesehatan karena meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Untuk itulah kebiasaan mengonsumsi gula ada baiknya bila dikurangi.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Prevention, ketika seseorang berhenti mengonsumsi gula secara berlebih, akan ada banyak manfaat yang ia peroleh. Berikut beberapa diantaranya:

Tidur menjadi teratur

Berlebihan dalam mengonsumsi gula dapat membuat seseorang menjadi lesu dan tidur pun menjadi tidak teratur. Hal ini terjadi karena gula dapat memicu pelepasan hormon kortisol yang dapat mengganggu tidur seseorang. Jadi ketika seseorang tidak lagi mengonsumsi gula secara berlebih, maka bisa dipastikan tidurnya akan menjadi lebih teratur dari sebelumnya.

Baik untuk otak

Menurut hasil dari studi di UCLA,diatakan bahwa pengonsumsian gula secara berlebih akan menghambat otak untuk menangkap dan mengingat sesuatu secara cepat. Seiring berjalannya waktu, makan banyak gula dapat benar-benar merusak komunikasi antara sel-sel otak. Karena itu, bila anda tidak ingin pikun dihari tua nanti maka berhentilah untuk mengonsumsi gula secara berlebihan.

Berat badan menjadi normal

Tubuh kita memang membutuhkan asupan makanan manis, namun itu bukan berarti kita boleh mengonsumsi zat gula secara berlebihan. Sebaiknya gantilah asupan gula yang biasa dikonsumsi dengan makanan sehat seperti almond, yang akan memberikan kalori cukup secara keseluruhan. Apalagi untuk yang memiliki masalah berat badan berlebih, mengurangi pengonsumsian gula akan membantu menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam 5 atau 6 bulan kedepan.

Berhenti mengonsumsi gula secara langsung memang sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, kita bisa memulainya dengan mengurangi porsi gula yang digunakan untuk membuat minuman. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Akibatnya Bila Kurang Mengonsumsi Gula | akbar | 4.5