Akibat Buruk dari Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur sering dikaitkan dengan kondisi tubuh yang terlalu capek setelah seharian bekerja. Hal itu mungkin saja benar, namun anda perlu waspada ketika anda biasa mendengkur saat tidur. Pasalnya, mendengkur saat tidur memberikan efek samping yang patut untuk diwaspadai.

Salah satu yang perlu diwaspadai bila anda biasa mendengkur saat tidur adalah gangguan sleep apnea atau kondisi di mana napas berhenti selama beberapa detik, berkali-kali pada malam hari.

Bahaya Tidur Sambil Mendengkur

Tidur sambil mendengkur tidak hanya mengganggu teman tidur kita, namun juga bisa menyebabkan beberapa masalah lain yang mungkin saja akan terjadi bila kita terbiasa tidur sambil mendengkur atau “ngorok”. berikut beberpa kemungkinan buruk yang akan terjadi bila kita terbiasa tidur sambil mendengkur.

1. Menurunkan kualitas tidur

Anggapan di masyarakat bahwa orang yang tidur sambil mendengkur berarti tidurnya sangat nyenyak sangatlah tidak benar. Tidur mendengkur justru bisa menjadi pertanda akan adanya gangguan sleep apnea atau kondisi di mana napas berhenti selama beberapa detik, berkali-kali pada malam hari. Ketika hal itu terjadi, maka kadar oksigen akan menurun, arteri menyempit, dan fungsi sistem saraf terganggu.

2. Mempengaruhi kesehatan

Hasil dari sebuah studi menunjukkan bahwa ada sekitar 37-48 persen orang dengan tekanan darah tinggi dan diabetes menderita Obstructive Sleep Apnea (OSA). Jika tidak diobati, sleep apnea bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, serangan lumpuh, kanker, dan bahkan yang paling menakutkan adalah kematian mendadak.

3. Mempengaruhi performa kerja

Sleep apnea bisa mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang dan mempengaruhi kemampuan dalam mengambil keputusan, meskipun anda masih sangat muda, demikian menurut Prof Manjari Tripathi, Departemen Neurologi, AIIMS, Delhi. Hasilnya adalah bisa menurunkan performa baik di tempat kerja dan kehidupan pribadi.

4. Mudah mengantuk

Seorang pengidap sleep apnea bisa meninggal mendadak karena berhentinya napas saat tidur. Masalah itu memang lebih fatal dari gangguan tidur di malam hari yang membuat anda cenderung mengantuk di siang hari.

5. Pengaruhi kehidupan pribadi

Ketika kita mengalami kelelahan yang konstan akibat kurang tidur akan menyebabkan kita akan kesulitan untuk menikmati waktu berlibur, waktu bersama keluarga, bahkan menonton film pun sulit dilakukan. hasil studi menunjukkan bahwa sleep apnea bisa langsung dihubungkan dengan disfungsi seksual, terutama pada kaum pria.

Itulah efek samping akibat tidur sambil mendengkur sebagaimana yang dikutip dari laman Indiatimes. Ketika anda selama ini biasa tidur sambil mendengkur, maka perlu dicari tahu apa penyebab tidur mendengkur. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab tidur sambil mendengkur dan apa solusi cara untuk mengatasi masalah tidur sambil mendengkur.

loading...
Loading...
Akibat Buruk dari Tidur Mendengkur | akbar | 4.5