Agar Tahan Lama, Ini Tips Cara Merawat Aki Kering

Penggunaan aki kering saat ini lebih banyak dipilih bila dibandingkan dengan aki basah. Selain karena lebih praktis, aki kering juga dinilai lebih banyak memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan aki basah, termasuk dalam urusan usia pakai.

Sayangnya, kesalahan dalam melakukan perawatan akan menyebabkan aki kering cepat rusak. Karena itu, diperlukan perawatan yang tepat agar usia pemakaian aki kering dapat lebih awet dan juga tahan lama.

Tips Cara Merawat Aki KeringAgar Awet dan Tahan Lama

Aki kering akan bisa lebih awet apabila motor digunakan sesering mungkin. Hal ini karena bila motor sering digunakan, maka pengisian listriknya juga akan tetap stabil.

Bila anda berencana untuk tidak menggunakan motor dalam waktu lama, maka sebaiknya motor tetap anda nyalakan setiap harinya minimal dua sampai lima menit untuk memanaskan mesinnya.

Kemudian pada saat berkendara, sebisa mungkin untuk menghindari jalan yang berlubang sehingga menyebabkan guncangan pada motor. Pasalnya, aki akan menjadi lebih cepat rusak bila terlalu sering terkena guncangan.

Tips lainnya untuk membuat aki kering lebih awet dan tahan lama adalah dengan menggunakan electric starter setiap hari. Terkecuali pada saat memanaskan mesin di pagi hari, maka anda perlu menggunakan kick starter. Cara menghidupkan mesin dengan ‘engkol’ pada saat pemanasan bermanfaat untuk membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.

Yang juga tidak kalang pentingnya adalah jangan lupa untuk mengecek posisi kabel terminal aki, usahakan agar selalu tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menghindari korslet pada saat kondisi lembab.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membuat aki kering pada motor anda bisa berfungsi maksimal dan juga tahan lama.

loading...
Loading...
Agar Tahan Lama, Ini Tips Cara Merawat Aki Kering | akbar | 4.5