9 Tips Cara Merawat Lensa Kontak

Tips Cara Merawat Lensa Kontak yang MudahLensa kontak berfungsi untuk membantu penglihatan seseorang. Selain itu, penggunaan lensa kontak juga seringkali bertujuan sekedar untuk gaya atau fashion saja. Sayangnya, penggunaan lensa kontak setiap hari seringkali membuat penggunanya lupa untuk merawat serta menjaga kebersihannya. Padahal, kelalaian tersebut seringkali membuat mata bermasalah dan juga akan memperpendek umur lensa kontak.

Agar lensa kontak tetap nyaman digunakan dan tidak menimbulkan masalah pada mata, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk merawat lensa kontak, sebagaimana yang dikutip dari Healthmeup.

1. Cuci tangan sebelum memegang lensa
Sebelum memegang lensa kontak, pastikan anda mencuci tangan dulu. Pakailah sabun yang lembut tanpa parfum yang dapat meninggalkan lapisan ‘film’ di tangan yang mungkin mengiritasi mata saat anda menyentuh mata.

2. Keringkan tangan
Hindari menyentuh lensa kontak dengan air biasa. Oleh karena itu, sekalah jari-jari tangan anda hingga kering sebelum menyentuh lensa kontak.

loading...

3. Jaga kuku tetap pendek
Memiliki kuku yang panjang dapat berisiko melukai lensa mata anda saat sedang memasang atau melepas lensa kontak.

4. Bilas lensa kontak dengan benar
Lensa dapat menumpuk kotoran dan bakteri saat dibiarkan di tempat terbuka dalam waktu yang lama. Karena itu, bilaslah lensa kontak dengan benar setiap hari dengan cairan garam khusus.

5. Pasang lensa kontak sebelum, make up
Sebelum merias wajah anda, biasakan untuk memakai lensa kontak anda terlebih dahulu, ini bertujuan agar riasan tidak mengotori lensa kontak. Demikian juga pada saat anda hendak menghapus make up, pastikan bahwa lensa kontak sudah dilepas dulu sebelum membersihkan make up.

6. Hindari air
Jangan biarkan air bersentuhan dengan lensa kontak anda, karena kandungan mikroorganisme yang mungkin ada bisa merusak mata anda. Juga hindari berenang atau mandi saat anda memakai lensa kontak.

7. Membersihkan tempat lensa kontak
Tempat lensa kontak juga harus rutin dibersihkan. Cucilah tempat lensa kontak dengan air panas dan keringkan di udara kering. Mengganti casing lensa kontak anda setiap beberapa bulan juga dianjurkan.

8. Jangan memakai lensa kontak untuk tidur
Lepas lensa kontak saat anda hendak tidur. Pastikan bahwa anda melepas lensa kontak sebelum pergi tidur.

9. Ganti lensa kontak saat terjadi infeksi
Bila anda selalu mengalami gatal-gatal yang tidak biasa atau kemerahan di mata setiap kali memakai lensa kontak, maka segeralah berhenti memakai lensa kontak anda. Mungkin anda harus mengganti lensa kontak tersebut dengan yang baru atau memeriksakan ke dokter jika infeksi yang dialami mata anda tidak juga kunjung sembuh.

loading...
Loading...
9 Tips Cara Merawat Lensa Kontak | chsa | 4.5