9 Cara untuk Mencegah Keputihan

Cara Mencegah KeputihanKeputihan bisa terjadi pada setiap wanita, bahkan ibu hamil juga biasanya akan mengalami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan tersebut.

Saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim dan kelenjar dalam vagina ini akan keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri.

Keputihan adalah salah satu jenis gangguan pada organ intim wanita. Selain membuat wanita merasa tidak nyaman, bila tidak segera ditangani dengan cepat keputihan bisa mendatangkan gangguan kesehatan.

Cara Mencegah Keputihan

Sebenarnya untuk mencegah terjadinya keputihan sangatlah mudah, anda hanya perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Selalu jaga kebersihan (higienitas) daerah alat kelamin.
2. Usahakan untuk membasuh alat kelamin menggunakan air mengalir.
3. Keringkan sebaiknya dengan handuk pribadi.
4. Hindari terlalu sering memakai pembersih vagina karena kuman normal vagina akan mati sehingga infeksi mudah terjadi.
5. Keputihan juga bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Karena itu sebaiknya periksa pula pasangan anda, hindari multipartner/berganti-ganti pasangan seksual.
6. Agar kuman mati dan tidak menularkan orang lain, maka cucilah pakaian dalam atau handuk secara terpisah dan dijemur di bawah panas matahari.
7. Sebisa mungkin hindari pemakaian panty liner, namun jika terpaksa gantilah sesering mungkin.
8. Jangan memakai bedak atau sabun wangi pada vagina karena bisa menimbulkan iritasi.
9. Jika anda menggunakan toilet umum, maka sebaiknya bersihkan permukaan toilet dengan tisu antiseptik sebelum berkemih.

Itulah 9 cara mencegah keputihan yang bisa anda lakukan. Sebenarnya masih ada banyak cara untuk mencegah keputihan lainnya, misalnya saja dengan sering mengganti pembalut saat menstruasi, menggunakan celana dalam yang kering serta mudah menyerap keringat.

loading...
Loading...
cara menggunakan sabu dengan benar

9 Cara untuk Mencegah Keputihan | chsa | 4.5