8 Ragam Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Buah nangka atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan jackfruit ini merupakan buah yang memiliki bentuk mirip seperti cempedak. Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Namun buah nangka umumnya memiliki bentuk yang lebih besar bila dibanding dengan cempedak. Pun demikian juga ada sedikit kemiripan dengan buah wuni.

Gambar Buah Nangka yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Buah Nangka Punya Beragam Manfaat untuk Tubuh

Buah nangka bisa dibuat menjadi berbagai olahan ataupun dikonsumsi secara langsung. Buahnya yang masih kecil seukuran jempol atau yang disebut dengan babal bisa dibuat bahan rujak, sementara buah nangka yang masih mentah namun masih belum cukup tua bisa diolah menjadi sayur, salah satu contoh sayur yang cukup populer dengan memanfaatkan buah nangka muda adalah sayur gudeg.

Sementara itu “daging buah” nangka yang sudah matang seringkali dimakan dalam keadaan segar secara langsung, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Adapun biji nangka, atau yang dikenal sebagai “beton”, bisa direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Ragam Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, namun mengonsumsi buah nangka juga bisa memberikan cukup banyak manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari makan buah nangka untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah seperti berikut yang ada di bawah ini:

1. Mengandung kalium
Buah nangka memiliki kandungan nutrisi berupa kalium yang efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.

2. Mengandung zat besi
Di dalam buah nangka juga terkandungan zat besi. Dimana kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Baik untuk kesehatan mata
Buah nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Ini karena adanya kandungan nutrisi di dalam buah nangka berupa vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Buah nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

4. Mengandung fitonutrien
Di dalam buah nangka terkandung fitonutrien yang mampu melawan pembentukan kanker dan pengembangan sel kanker. Selain itu, fitonutrien juga mencegah terjadinya sel abnormal yang memicu perkembagan sel kanker.

5. Menyembuhkan penderita kanker
Fitonutrien yang terkandung dalam nangka juga membantu proses penyembuhan sel kanker. Fitonutrien ini akan bekerja dengan baik, terutama disertai dengan pengobatan yang optimal.

6. Mencegah kanker usus
Tidak hanya mengandung banyak serat, kandungan saponin yang terdapat di dalam buah nangka mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus.

7. Membantu detoksifikasi
Bila anda menginginkan kondisi tubuh yang bugar, cobalah makan nangka setiap hari. Nangka juga memiliki andil untuk melancarakan detoksifikasi tubuh.

8. Mengandung antioksidan
Kandungan antioksidan yang ada di dalam nangka bisa membantu dalam melawan radikal bebas yang bisa mencetuskan pembentukan sel kanker. Sebab itu, jangan lupakan untuk mengonsumsi buah nangka secara rutin sebagai pencegahan awal terjadinya sel kanker.

Itulah beberapa manfaat dari buah nangka yang akan bisa kita dapatkan bila mengonsumsi buah nangka secara rutin sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

loading...
khasiat buah loa, gambar dan obat tambah darah, pisang lebih baik d jus atau makan langsung, sayuran yg mengandung aha

8 Ragam Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5