8 Penyebab Telinga Sering Gatal dan Cara Mengatasinya

Seringkah anda mendapati telinga bagian dalam terasa gatal?

Selain karena akumulasi dari kotoran yang ada di dalam telinga, penyebab telinga terasa gatal juga bisa merupakan gejala awal infeksi telinga.

Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab telinga sering gatal, berikut penjelasannya:

1. Kotoran Telinga

Kotoran telinga yang mengering akan membuat telinga gatal. Untuk cara mengatasinya, anda bisa teteskan sedikit minyak zaitun untuk melembutkan kotoran telinga yang kering itu.

Selain itu, banyaknya kotoran seperti lilin di dalam telinga juga bisa jadi penyebab telinga terasa gatal. Untuk mengatasinya bisa dengan memakai obat khusus untuk membersihkan kotoran telinga.

2. Infeksi Telinga

Infeksi di luar telinga seperti swimmer’s ear akan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Penyebabnya karena air terperangkap di dalam telinga. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan antiseptik tetes untuk meredakan gatal akibat swimmer’s ear atau telinga kemasukan air.

3. Telinga Kemasukan Serangga

Perhatikan apakah ada serangga kecil yang masuk ke dalam telinga? Hal ini bisa menyebabkan telinga menjadi gatal-gatal. Bila telinga kemasukan air, maka anda bisa membersihkan telinga dengan air hangat.

4. Alergi

Alergi juga bisa menjadi penyebab dari telinga gatal. Untuk meredakan gatal di telinga karena energi, anda bisa mengkonsumsi antihistamin.

5. Penggunaan Alat Bantu Pendengaran

Penggunaan alat bantu pendengaran juga bisa menyebabkan telinga menjadi gatal, apalagi jika alat itu tidak dipakai dengan tepat di telinga. Solusinya tentu adalah dengan membetulkan posisi dari alat bantu pendengaran tersebut.

6. Kondisi Kulit

Kondisi kulit seperti eczema, alergi dermatitis dan psotiasis selain menimbulkan kulit kering yang gatal juga akan memberi dampak pada telinga. Krim steroid akan membantu meredakan rasa gatal akibat kondisi kulit ini.

7. Psikologis

Ada kondisi psikologis yang juga menjadi penyebab telinga gatal seperti stres, trauma atau depresi.

8. Kebiasaan Membersihkan Telinga

Kebiasaan membersihkan telinga juga akan membuat telinga anda menjadi terasa gatal bila lama tidak dibersihkan. Misalnya selama ini anda sudah biasa membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau peniti, ini bisa menimbulkan gatal di telinga. Untuk mengatasinya maka anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut.

Selain karena bisa menyebabkan telinga gatal, kebiasaan membersihkan telinga juga bisa berbahaya seperti merusak gendang telinga bila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Walaupun gatal di telinga ini terlihat seperti hal yang sepele, namun hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, bila tidak dirawat maka akan menimbulkan gangguan. Kita tidak bisa bekerja aktif seperti biasa karena tangan dan pikiran kerap tertuju pada telinga yang gatal.

loading...
Loading...
telinga gatal, penyebab telinga gatal, telinga sering gatal, obat telinga gatal, Cara mengatasi telinga gatal, telinga gatal dan kering, kuping gatal, mengatasi telinga gatal, gatal telinga, telinga sering gatal kenapa ya, kenapa telinga sering gatal, telinga terasa gatal, gatal di telinga, kuping sering gatal, gatal pada telinga, penyebab kuping gatal, telinga gatal tapi tidak ada kotorannya, penyebab telinga sering gatal, cara mengatasi kuping gatal, telinga dalam gatal, dalam telinga gatal, obat gatal telinga bagian dalam, cara menghilangkan gatal di telinga, kuping terasa gatal, obat gatal telinga, telinga selalu gatal, obat telinga gatal bagian dalam, gatal dalam telinga, kenapa telinga gatal, kuping gatel

8 Penyebab Telinga Sering Gatal dan Cara Mengatasinya | akbar | 4.5