8 Manfaat dan Khasiat Minum Jamu Beras Kencur

Indonesia adalah negara yang kaya akan bahan rempah yang punya khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi yang sudah terbiasa minum jamu tentu sudah familiar dengan jamu beras kencur. Ya, salah satu produk utama jamu gendong ini memang selalu dibawa oleh ibu-ibu yang menjual jamu dengan cara digendong.

Kandungan Nutrisi Jamu Beras Kencur

Beras kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin. Sementara itu kencur memiliki kandungan berupa pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamic, borneol, asam cinnamic, ethyl aster, asam anisic, alkaloid, kamphene, paraeumarin dan gom.

Jamu beras kencur kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Ini karena banyaknya kandungan yang ada dalam bahan utama jamu beras kencur tersebut.

loading...

Manfaat dan Khasiat Jamu Beras Kencur

Banyaknya kandungan nutrisi pada jamu beras kencur membuat minum jamu beras kencur bisa memberikan manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman livingwell:

1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat Jamu Beras Kencur yang paling terkenal adalah sebagai minuman penambah nafsu makan. Ini cukup efektif terutama pada anak kecil yang kebanyakan memang memiliki masalah dengan susah makan. Jamu beras kencur juga sering disarankan kepada wanita hamil yang mengalami kurangnya nafsu makan.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang kencur diklaim memiliki banyak senyawa bermanfaat. Senyawa ini berfungsi sebagai zat analgesic, yaitu bahan yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit.

3. Menambah Tenaga

Jamu beras kencur memiliki kemampuan untuk menambah tenaga karena memiliki sifat stimultan. Jamu beras kencur juga dipercaya bisa membantu meningkatkan vitalitas pria jika diminum dengan madu.

4. Memulihkan Gangguan Pencernaan

Jamu beras kencur juga dipercaya bisa memulihkan radang lambung, maag, keracunan makanan, dan perut kembung.

5. Mengatasi Kelelahan

Jamu beras kencur bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghilang rasa penat dan sengal-sengal karena kelelahan.

6. Mengatasi Gangguan Mulut dan Tenggorokan

Jamu beras kencur juga terpercaya mengatasi sariawan dan serangan batuk.

7. Melangsingkan tubuh

Tanaman kencur bersifat sebagai obat pelangsing tubuh secara alami karena kandungan yang terdapat dalam kencur ini mampu membakar lemak secara efektif.

8. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kencur, termasuk rempah-rempah yang bisa berperan meningkatkan aliran empedu. Sementara itu, cairan empedu tersebut berperan baik untuk membantu melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari rajin minum jamu kencur. Selain sebagai minuman kesehatan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, minum jamu juga menjadi salah satu langkah cara pencegahan sebelum gejala penyakit semakin memburuk.

loading...
Loading...
khasiat munta besi, efek samping beras kencur, khasiat empedu bebek, manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan, jamu kuat begadang, khasiat empedu ikan mas, manfaat empedu ikan mas bagi tubuh, khasiat empedu ikan, manfaat makan empedu ikan, obat TS, kasiat empedu ikan, manfaat empedu ikan bagi kesehatan, obat dari TS, Manpaat empedu ikan mas, beras kencur untuk kolesterol, manfaat empedu ikan emas, mampaat empedu ikan, khasiat minuman beras kencur, khasian empedu ikan mas, testimoni minun jamu beras kencur

8 Manfaat dan Khasiat Minum Jamu Beras Kencur | akbar | 4.5