8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Manggis selain terkenal karena rasanya, ternyata mengandung banyak sekali nutrisi. Buah ini banyak mengandung serat dan karbohidrat, serta mengandung banyak sekali vitamin A, B2, B6 dan vitamin C dan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan kalium. Kandungan stilbenes pada buah manggis juga sangat bermanfaat sebagai antifungi. Sebuah studi di Singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan durian dan rambutan.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat dan khasiat buah manggis yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah manggis, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai anti kanker
Kandungan xanthone pada buah manggis berfungsi sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

2. Mengobati penyakit berbahaya
Selain dikenal sebagai buah antikanker, manggis juga dikenal mampu mengobati berbagai macam penyakit lainnya yang berbahaya bagi tubuh seperti penyakit jantung, diabetes, disentri, alzhiemer, gangguan pernafasan, batu ginjal, stroke, penyakit kronis, hipertensi dan penyakit gangguan pencernaan.

3. Melawan radikal bebas
Buah manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat yang mampu melawan berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

4. Baik untuk diet
Kandungan zat xanthones yang dikandung buah manggis mampu melunakkan sel-sel tubuh yang membengkak akibat kegemukan dan mengubahnya menjadi energi bagi tubuh. Sehingga buah manggis baik untuk yang sedang menjalani program diet.

5. Menyehatkan mata
Zat antioksidan dalam buah manggis bisa menghilangkan kadar protein yang ada pada lensa mata sehingga mata lebih segar dan penglihatan semakin tajam. Selain itu juga dapat mengobati penyakit mata seperti katarak dan glukoma.

6. Menghambat penuaan
Kandungan Zat antioksidan alami dalam buah manggis bisa menghambat proses penuaan pada tubuh kita. Zat antioksidan dalam manggis akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh.

7. Meningkatkan stamina dan tenaga
Buah Manggis ternyata juga memiliki peran penting didalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh.

8. Menurunkan Kolesterol jahat dalam tubuh
Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) berlebihan akan menempel di dinding dan menyempitkan pembuluh darah. Dan ternyata bisa dikurangi dengan kandungan zat xanthones pada buah manggis.

Mencegah penyakit batu Ginjal
Penyakit ini kebanyakan dialami oleh laki-laki. Biar tidak terkena penyakit batu ginjal, disarankan unutk terus mengkonsumsi buah manggis sebanyak 3 ons atau lebih tiap harinya, Dan akan membuat kita lebih sering kencing, sehingga mencegah munculnya batu ginjal.

loading...
Loading...
khasiat buah singapur

8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan | chsa | 4.5