7 Tips Cara Puasa Untuk Ibu yang Menyusui

Halaman: 1 2

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan Ramadhan itulah umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, baik laki-laki ataupun perempuan. Tak terkecuali adalah ibu yang menyusui.

Sebenarnya ibu menyusui bisa mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa, dimana ibu menyusui bisa mengganyinya dengan cara qadha’ atau membayar fidyah. Namun demikian, bila ibu menyusui memang tetap ingin berpuasa, maka boleh boleh saja. Namun harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah bagaimana kondisi kesehatan si ibu dan bayi yang disusuinya bila ia memaksakan untuk berpuasa.

Cara Puasa untuk Ibu Menyusui

Lama waktu berpuasa di Indonesia adalah sekitar 14 jam, yang artinya ibu menyusui tidak akan mendapatkan asupan makanan sedikitpun dalam masa itu. Padahal, produksi ASI ibu menyusui harus terus berlanjut. Karenanya, bila ibu menyusui ingin berpuasa di bulan Ramadhan, maka ibu bisa mengikuti beberapa tips cara berpuasa untuk ibu menyusui berikut ini:

1. Konsultasikan dulu dengan dokter

Tidak ada salahnya bila ibu menyusui berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui kemungkinan kondisi tubuh yang terjadi bila ia berpuasa, baik itu untuk dirinya atau si bayi. Jika kondisi ibu dan bayi memungkinkan, maka dokter akan membolehkan ibu berpuasa selama Ramadhan.

2. Usia bayi

Ada baiknya bila bayi yang disusui masih dibawah usia 6 bulan ibu menunda untuk tidak puasa terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah ibu menyusui mengalami dehidrasi. Pasalnya, pada usia ini bayi masih memerlukan ASI eksklusif, dimana ibu akan secara rutin menyusui bayinya setiap 2-3 jam tanpa mengenal siang dan malam.

loading...
Loading...
gambar orang melahirkan

7 Tips Cara Puasa Untuk Ibu yang Menyusui | akbar | 4.5