7 Tips Cara Menghindari Serangan Virus Ebola

Virus Ebola saat ini tengah menjadi perbincangan masyarakat dunia. Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh virus Ebola ini telah banyak merenggut korban meninggal. Bahkan menurut data per 9 Agustus 2014, terdapat 1.848 kasus ebola di empat negara Afrika, sebanyak 1.013 di antaranya meninggal.

Salah satu cara mencegah dari terinfeksi virus Ebola adalah dengan menghindari kunjungan ke negara-negara yang sudah jelas terjangkit virus Ebola. Namun bila ternyata ada warga negara Indonesia yang terpaksa harus bepergian atau memang tinggal di negara-negara yang sedang terjangkit ebola, seperti Liberia, Sierra Leone, Guinea, Nigeria dan sekitarnya, Prof Tjandra Yoga Aditama, yang merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, memberikan sejumlah saran sebagai berikut:

1. Lebih sering cuci tangan pakai sabun (CTPS). Tindakan ini sangat penting karena virus ebola menular melalui kontak dengan cairan tubuh pasien. Walaupun sudah hati-hati, namun tetap saja ada kemungkinan tangan kita tercemar sehingga penularan mungkin tetap ada. Karena itu, rajin-rajinlah mencuci tangan pakai sabun sangat dianjurkan.

2. Jangan melakukan kontak langsung dengan pasien Ebola. Selain pasien, kita juga untuk perlu membatasi kontak dengan keluarga/kerabat pasien yang baru mengunjungi pasien.

3. Sebisa mungkin untuk menghindari proses pemakaman pasien Ebola, khususnya yang ada ritual mencium jenazah, kontak langsung dengan jenazah dan lain-lainnya.

4. Jangan melakukan kontak dengan hewan yang mungkin menularkan virus Ebola, dan membatasi ke hutan-hutan di negara terjangkit.

5. Kalau sudah berada di negara terjangkit, maka batasi melakukan perjalanan domestik. Jika tidak perlu, jangan bepergian antar kota di negara tersebut.

6. Selalu ikuti perkembangan informasi tentang ebola di situs terpercaya, seperti WHO, Kemenkes RI dan lain-lain.

7. Jika muncul keluhan ketika sedang berkunjung di negara terjangkit, segeralah untuk melapor ke petugas kesehatan di negara itu.

Itulah informasi mengenai cara untuk menghindari seseorang dari terkena virus Ebola.

loading...
Loading...
7 Tips Cara Menghindari Serangan Virus Ebola | lawas | 4.5