7 Tips Cara Membuat Baterai Android Bisa Hidup Lebih Lama

Halaman: 1 2

Semakin canggih fitur aplikasi yang ada di smartphone maka daya penggunaan baterai akan semakin besar. Karena itu kita harus pandai berhemat penggunaan daya baterai smartphone.

Penggunaan powerbank merupakan salah satu solusi yang kini banyak dipilih orang untuk mengantisipasi dari kehabisan daya baterai. Dengan menggunakan powerbank maka kita bisa dengan mudah men-charge ulang baterai smartphone dimanapun berada.

Sayangnya, semakin sering baterai di-charge maka masa hidup dari baterai akan semakin pendek. Hal ini biasanya akan ditandai dengan baterai cepat ngedrop. Karena itu, agar baterai bisa lebih tahan lama diperlukan cara perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk pengguna smartphone yang menginginkan agar baterai smartphone-nya bisa berumur panjang sebagaimana yang dikutip dari laman Kompas.

1. Isi daya beberapa kali dalam beberapa tahapan

Layaknya dalam kehidupan nyata, lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada lari marathon dalam satu sesi. Nah, untuk menjaga sel baterai agar tak “muak” dengan pengisian, sebaiknya pengisian dilakukan dalam beberapa tahapan. Misalnya dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 45 persen ke 79 persen.

2. Hindari baterai benar-benar kosong

Menggunakan smartphone hingga mati karena kehabisan daya baterai adalah kesalahan fatal.

Mengisi daya penuh dalam waktu lama tak baik. Namun, membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

3. Kondisi baterai paling baik saat 40 persen

Pada persentase tersebut kondisi baterai seimbang. Tidak terlalu penuh, juga tidak kosong. Pada situasi ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya.

Lebih baik smartphone digunakan hingga persentase baterai menurun pelan-pelan. Setelahnya, sebelum menuju kosong, barulah isi ulang daya-nya.

loading...
Loading...
baterai acer z500 boros

7 Tips Cara Membuat Baterai Android Bisa Hidup Lebih Lama | akbar | 4.5