7 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara hingga saat ini masih menjadi momok paling menakutkan kaum wanita. Padahal, bukan tidak mungkin kanker payudara juga dapat menyerang kaum pria.

Faktor penyebab kanker payudara yang paling umum adalah biasanya dari faktor genetik, karsinogen, dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Namun dari sekian banyak faktor penyebab kanker payudara, gaya hidup yang tidak sehatlah yang berpengaruh besar sebagai penyebab kanker.

Banyak orang yang percaya bahwa dengan membiasakan diri untuk hidup sehat akan dapat membantu mengurangi seseorang beresiko terkena kanker payudara. Bahkan ada beberapa jenis makanan seperti minyak ikan dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker.

Makanan Sehat pencegah Kanker Payudara

Sebagaimana yang dikutip dari laman Daily Mail, ada tujuh jenis makanan yang dapat membantu dalam melawan kanker payudara. Berikut diantaranya:

1. Sayuran cruciferous

Sayuran yang masuk dalam kelompok ini terkenal akan kandungan glucosinolate, yaitu kandungan kimia belerang yang menyebabkan timbulnya rasa pahit dan aroma kuat dari sayuran keluarga cruciferous. Kandungan kimia yang dihasilkan bisa membantu mencegah resiko kanker. Sayuran yang masuk dalam kelompok cruciferous adalah bawang putih, bawang bombay, kubis.

2. Sayuran berdaun hijau

Lutein dan Zeaxanthin yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol membantu mencegah resiko kanker payudara.

3. Tomat

Mengkonsumsi buah seperti tomat yang kaya akan lycopene bisa membantu mengurangi resiko kanker, demikian menurut Tara Whyand, ahli onkologi dan diet.

4. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya akan kandungan nutrisi vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C,E, dan folat. Cobalah untuk tetap mengkonsumsi buah dan sayuran minimal 400 gram per hari untuk mencegah kanker payudara.

5. Ikan

Wanita yang mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda dari ikan seperti salmon dan tuna beresiko lebih sedikit terkena kanker, demikian menurut hasil studi.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan dan phytonutrients. Antioksidan terkenal dapat mengurangi oksidasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan radikal bebas pemicu kanker payudara.

7. Kedelai

Berbagai jenis olahan dari kedelai seperti kacang edamame, tofu, miso, susu kedelai kaya akan fitoestrogen. Institut Kanker Nasional di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita dengan diet kaya soya beresiko lebih sedikit terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang menjalani diet rendah soya.

Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Selain dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara, penting juga bagi setiap wanita untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui adanya kanker di payudara.

Deteksi dini kanker payudara harus dilakukan secara rutin dan segera diobati secara medis jika ternyata ada kanker. Karena itu sangat penting bagi wanita untuk mengetahui payudara normal seperti apa lalu bagaimana perubahannya.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Kompas, bentuk payudara yang normal bisa saja tidak simetris antara kiri dan kanan. Selain itu, payudara juga bisa terasa padat.

Ketika dirasakan ada perubahan di payudara semisal ada benjolan yang muncul, maka hal itu patut dicurigai. Karena 1 dari 10 benjolan payudara biasanya adalah kanker. Jadi misalnya anda menemukan benjolan hanya terjadi pada satu payudara, keras saat diraba, permukaan tidak rata, sulit digerakan, dan tidak disertai rasa nyeri.

Perubahan pada warna kulit di area payudara juga perlu diwaspadai, misalnya menjadi kemerahan, cekungan seperti lesung pipi, dan tampak seperti kulit jeruk. Perubahan pada bagian puting juga bisa saja terjadi, seperti terdapat luka tidak sembuh lebih dari 6 bulan, keluar cairan merah atau kecokelatan, puting tertarik ke dalam, dan kulit puting menebal.

Ketika menemukan perubahan mencurigakan terjadi pada payudara, maka segeralah untuk ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kemungkinan payudara agar lebih akurat. Dengan mengetahui adanya kanker payudara sejak dini, hal itu akan bermanfaat dalam memudahkan proses penanganan kanker payudara yang diderita.

loading...
Loading...
Obat tarik wanita, uci uci di pipi

7 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara | akbar | 4.5