7 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Produksi ASI

ASI (Air Susu Ibu) sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memberikan ASI saja hingga bayi usia 6 bulan. Namun sayang, tidak sedikit ibu merasa kesulitan memenuhi asupan tersebut.

Untuk ibu menyusui yang bermasalah dengan sedikitnya produksi ASI, maka tidak perlu khawatir. Karena ada cara alami untuk meningkatkan produksi ASI yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa makanan yang bisa memperbanyak mengonsumsinya makan akan memberikan manfaat meningkatkan produksi ASI. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Oatmeal
Oatmeal bisa menjadi menu sarapan utama untuk meningkatkan produksi ASI. Jadi, nikmatilah hidangan lezat oatmeal di pagi hari.

2. Minyak Zaitun atau Wijen
Manfaat minyak zaitun atau wijen sebenarnya sama saja dalam hal meningkatkan produksi ASI. Dari pada menggunakan minyak goreng dari jenis lainnya, semisal minyak sayur atau minyak goreng yang diolah dari santan kelapa, akan lebih baik bila anda menggunakan minyak ini untuk memasak untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

3. Bawang Putih
Bau mulut yang menyengat setelah makan bawang membuatnya kurang disukai. Namun, di balik itu bawang putih menyimpan banyak manfaat. Dan salah satu manfaat dari bawang putih adalah bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Daun Kemangi
Selain mencegah bau mulut, daun kemangi juga baik untuk kesehatan karena daun kemangi kaya akan Vitamin K.

5. Jahe
Anda tidak harus mengkonsumsi jahe secara langsung, cukup menggunakannya dalam berbagai hidangan, seperti kari atau bisa juga dibuat minuman wedang jahe yang hangat, anda sudah bisa merasakan manfaatnya.

6. Tumbuhan Akar
Bila Anda menyukai salad, maka jangan lupa untuk menyertakan tumbuhan akar seperti wortel dan ubi. Karena sayuran tersebut memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan produksi ASI secara alami.

7. Air Putih
Banyak meminum air putih menjadi hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan bila anda ingin meningkatkan produksi ASI. Mengapa? Karena, 80 persen komposisi ASI adalah merupakan air.

Yang juga tidak boleh dilewatkan adalah daun katuk. Daun katuk banyak digunakan oleh masyarakat sejak dulu untuk membantu memperbanyak produksi ASI ibu yang baru saja melahirkan. Bahkan saat ini sudah banyak ekstrak daun katuk yang diolah dalam bentul kapsul untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

OK. Itulah beberapa makanan untuk memperbanyak produksi ASI yang bisa anda konsumsi setiap harinya.

loading...
Loading...
7 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Produksi ASI | lawas | 4.5