7 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari

Halaman: 1 2

Perut kembung, merasa mual dan perih bisa menjadi pertanda bahwa asam lambung di dalam perut naik. Ketika asam lambung mulai naik, maka berbagai makanan pun akan menjadi terasa sangat sulit masuk ke mulut dan dicerna.

Dalam dunia medis, kondisi asam lambung naik ini dikenal dengan istilah GERD (gastro esophageal reflux disease).

Penyakit asam lambung umum terjadi di masyarakat. Namun demikian hal ini tidak boleh dianggap remeh. Karena jika dibiarkan penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius hingga yang terparah adalah bisa menyebabkan kematian. Cara paling baik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan yang bisa menyebabkan kondisi asam lambung semakin parah.

Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung

Selain karena makan tidak teratur, asam lambung naik juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ketika dikonsumsi ada beberapa jenis makanan yang bisa memperburuk kondisi asam lambung.

Umumnya, makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung adalah makanan yang asam. Namun tidak hanya itu, beberapa jenis makanan lain juga harus dihindari bila tidak ingin bermasalah dengan asam lambung.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung sebagaimana yang dirangkum dari buku Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure, Jami Koufman, Jordan Stern dan chef Marc Bauer.

1. Kafein

Untuk anda yang menderita sakit maag, bila anda memaksakan diri mengonsumsi secangkir kopi atau espresso bisa jadi akan memperparah kondisi asam lambung. Karena itu anda bisa coba beralih minum teh kamomil atau teh hijau yang memiliki kandungan kafein lebih rendah.

loading...
Loading...
makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, makanan yang harus dihindari saat asam lambung naik, makanan yg di hindari asam lambung naik

7 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari | akbar | 4.5