7 Jenis Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Kweni

Mangga kweni dikenal juga dengan sebutan kuweni atau kuini. Buah mangga kweni menjadi salah satu jenis mangga yang populer di Indonesia. Mangga jenis ini memiliki aroma segar yang cukup kuat. Karena itu mangga kweni biasa digunakan sebagai salah satu bahan campuran dalam es buah untuk mendapatkan aroma dan cita rasa yang segar.

Buah kweni memiliki serat yang cukup banyak, sehingga buah ini tidak biasanya bila dimakan secara langsung selayaknya jenis mangga lainnya. Dalam menikmati buah mangga kueni, biasa orang lebih menyukainya untuk digunakan sebagai salah satu bahan campuran dalam minuman es campur.

Manfaat dan Khasiat dari Buah Mangga Kweni

Tidak hanya enak dijadikan sebagai bahan campuran minuman es, namun mengonsumsi mangga kweni juga akan memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari mengonsumsi buah mangga kueni:

1. Mencegah kanker
Kaya akan kandungan antioksidan, mengonsumsi mangga kweni bisa membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan bisa mencegah terjadinya kanker.

2. Aman dikonsumsi penderita diabetes
Memilikin indeks kandungan gula darah atau glikemik yang rendah menjadikan mangga kweni sangat aman untuk penderita diabetes. Namun demikian tetaplah konsumsi dalam batas yang wajar.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Di dalam mangga kwenis terkandung vitamin B6 yang cukup tinggi. Adapun manfaat dari vitamin B6 adalah meningkatkan sistem imun, membantu sistem perkembangan dan perubahan sel, serta membantu sistem pencernaan protein yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata
Mangga kweni juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga mengonsumsi akan memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Mangga kweni bisa menjadi alternatif pengganti wortel sebagai sumber vitamin A.

5. Menjaga kesehatan tulang
Di dalam mangga kweni juga terkandung fosfor, zat besi, dan kalsium. Kandungan zat tersebut bisa membantu penyembuhan luka, meningkatkan kesehatan tulang, dan menambah kandungan darah dalam tubuh.

6. Menjaga sistem pencernaan
Tingga kandungan serat dalam buah kweni menjadikannya bisa berguna membantu melancarkan sistem pencernaan, meminimasasi terjadinya sembelit, serta mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh kita.

7. Sumber vitamin C
Kandungan vitamin C dalam buah kweni juga tidak boleh disepelekan. Pasalnya, kandungannya dapat meraih separuh atau lebih kurang 40-50 persen kandungan vitamin C per 100 gram buah kueni.

Manfaat vitamin C ada cukup banyak. Selain untuk meningkatkan energi, salah satu manfaat dari mangga kueni adalah untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari mangga kueni. Semoga berguna.

loading...
7 Jenis Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Kweni | akbar | 4.5