7 Gejala, Tanda Usus Buntu yang Harus Anda Ketahui

Radang usus buntu atau yang biasa hanya disebut dengan nama usus buntu adalah ketika usus buntu, yaitu kantong berbentuk seperti cacing yang melekat pada usus besar, membengkak. Bila ini terjadi akan sangat berbahaya bagi tubuh. Karena itulah maka perlu dilakukan penanggulangan oleh dokter yang biasanya untuk mengatasinya adalah dengan pembedahan untuk mengangkat usus buntu tersebut.

Gejala Usus Buntu

Ada beberapa gejala atau kondisi tubuh yang muncuk yang bisa menjadi tanda penyakit usus buntu ini. Pengetahuan tentang gejala usus buntu ini menjadi sangat penting karena dengan mengetahui gejala usus buntu lebih cepat, maka akan lebih cepat pula mengatasinya.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Health, berikut ini adalah gejala atau tanda usus buntu yang perlu untuk anda ketahui:

1. Nyeri pada kanan bawah perut
Tanda pertama saat seseorang terkena usus buntu adalah rasa tidak nyaman di sekitar pusar, lalu kemudian pindah ke perut bagian bawah. Beberapa orang mungkin mengalami sakit di berbagai wilayah perut.

loading...

2. Nyeri pada perut yang intensif
Nyeri sebagaimana yang dijelaskan pada poin pertama semakin sering dan semakin sakit. Bahkan seseorang bisa terbangun dari tidur malamnya karena terlalu sakit yang dirasakan.

3. Demam ringan dan menggigil
Mirip seperti orang sakit perut biasa. Usus buntu juga bisa menyebabkan seseorang terkena demam ringan dan menggigil.

4. Muntah, mual atau kehilangan nafsu makan
Gejala usus buntu lainnya adalah nafsu makan berkurang dengan beberapa kali mual ringan hingga muntah. Gejala ini akan terus memburuk dan ditambah dengan perut yang semakin sakit. Jika demikian yang anda rasakan, maka kemungkinan besar memang penyakit usus buntu menyerang.

5. Sembelit dan diare
Sebagaimana gejala lainnya, sembelit dan diare mungkin awalnya tidak terlalu parah dan terjadi setelah mengalami sakit perut.

6. Gas dan kembung
Siapapun memang bisa bermasalah dengan perut kembung dan terlalu banyak gas dalam perutnya. Namun mereka yang diindikasikan terkena usus buntu perutnya akan tetap penuh dengan gas/kembung dalam beberapa hari. Susah buang gas dan nyeri adalah gejala bawaan saat seseorang terkena usus buntu.

7. Perut sakit saat ditekan
Cobalah tekan perut bagian kanan bawah anda. Bila anda mengalami rasa sakit ketika melepaskan tekanannya, maka itu adalah gejala usus buntu. Cobalah dengan pelan dan jangan dilakukan terus menerus karena itu akan berbahaya.

Bila anda menemukan gejala atau tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, maka tidak ada salahnya bila anda coba melakukan pemeriksaan kesehatan agar proses penanganan usus buntu yang mungkin anda derita bisa segera dilakukan.

loading...
Loading...
7 Gejala, Tanda Usus Buntu yang Harus Anda Ketahui | lawas | 4.5