7 Fakta Menarik Tentang Telur Ayam yang Harus Anda Tahu

7 Fakta Menarik Tentang Telur AyamMeski banyak yang mengatakan kalau telur itu tidak baik untuk kesehatan jantung, namun nyatanya telur justru merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung, bahkan juga bisa menurunkan berat badan. Nah, ingin tahu apa saja fakta tentang telur lainnya?

Berikut ini kami rangkumkan beberapa fakta menarik tentang telur yang harus Anda tahu:.

1. Telur menyehatkan
Dibandingkan telur yang dijual 30 tahun lalu, telur yang ada di pasaran saat ini mengandung sekitar 20 persen lebih sedikit lemak, 13 persen lebih sedikit kalori, dan kolesterol kurang dari 10 persen.

Menurut peneliti, lebih sehatnya telur yang dijual di pasaran saat ini tak lepas dari metode pengembangbiakan dan perawatan ayam yang lebih baik.

2. Telur melindungi hati
Telur bisa membantu mempertahankan tingkat tekanan darah, demikian hasil temuan sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition.

Sementara menurut hasil temuan oleh para ilmuwan di University of Alberta menyebutkan bahwa kuning telur mengandung dua asam amino yang penting bagi tubuh. Asam amino bernama triptofan dan tirosin ini memiliki antioksidan hampir dua kali lipat dari yang ada dalam buah apel.

3. Kuning telur membantu perkembangan otak
Pada kuning telur ada vitamin B kompleks jenis kolin, yang berhubungan dengan fungsi neurologis yang baik untuk mengurangi peradangan. Selain itu, terbukti bahwa diet kolin membantu perkembangan otak janin. Juga, kolin pun membawa efek baik bagi mood (memicu hormon endorfin berproduksi) dan membawa rasa bahagia.

4. Telur adalah sumber energi
Untuk Anda yang sedang diet, telur bisa jadi menu sarapan yang sehat. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, orang yang memilih telur sebagai menu sarapan akan mengkonsumsi lebih sedikit makanan berkalori selama 24 jam ke depan.

5. Protein yang sempurna
Telur adalah sumber protein yang sempurna kualitasnya, sebab semua bentuk protein yang dikandung telur mudah dan cepat diserap oleh tubuh, kata Cynthia Sass, RD, pada Healthy Living

6. Warna kuning telur
Warna kuning telur yang lebih tua atau lebih muda bukan melambangkan kualitas gizi telur. Namun menunjukkan jenis pakan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina, makin kentallah warna kuning telurnya.

7. Usia ayam menentukan
Usia ayam menentukan kualitas telur. Bila ingin telur dengan kualitas baik bagi konsumsi sehari-hari, maka pilih telur yang dihasilkan oleh ayam usia 28 minggu dan 97 minggu ke atas. Ayam yang usianya di antara itu hasil telurnya lebih banyak cairan.

loading...
ciri ciri telur ular, manfaat telur biawak, khasiat telur biawak, manfaat telur ayam kate, khasiat telur buaya, telur biawak, manfaat telur buaya, Manfaat telur ular, fakta tentang telur, fakta telur, Tentang telur, telur ular kobra, kasiat telur biawak, kasiat telur buaya, manfaat telur buaya kumpulan tips, fakta telur ayam, gambar telur biawak, manfaat makan telur ular, manfaat telur buaya bagi kesehatan, Jantung ayam beserta fungsinya, jantung ayam berfungsi untuk?, fingsi jantung pada ayam, fakta tentang telur ayam kampung, fakta tentang telor ayam

7 Fakta Menarik Tentang Telur Ayam yang Harus Anda Tahu | chsa | 4.5