7 Cara Mencegah Jet Lag Setelah Naik Pesawat

Jet lag atau yang dikenal dengan mabuk pascaterbang sering dialami oleh mereka yang hobi bepergian menggunakan pesawat terbang untuk menuju tempat tujuan.

Jet lag adalah sebuah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Gejala lain jet lag meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori. Beberapa individu dapat melaporkan gejala tambahan, seperti detak jantung abonormal dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

Bila anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami jet lag ketika sampai di tempat tujuan, maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan guna untuk mencegah mengalami jet lag selepas melakukan perjalanan.

Cara Mencegah Jet Lag Setelah Naik Pesawat

Menghindari minuman manis selama berada di pesawat bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah jet lag. Dengan menghindari minuman manis, maka kemungkinan tubuh mengalami dehidrasi lebih kecil, dimana dehidrasi merupakan salah satu pemicu serangan jet lag.

Untuk mencegah jet lag atau mabuk pasca terbang, berikut beberapa yang dapat anda lakukan:

1. Perhatikan makanan

Pada hari sebelum keberangkatan, kita harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mengonsumi protein pagi hari saat hari keberangkatan akan membuat tubuh lebih mudah menyesuaikan diri dengan kondisi baru.

2. Hindari alkohol

Terkadang kita minum alkohol agar lebih tenang atau mudah tertidur di pesawat. Tetapi, justru minum alkohol membuat kepala pusing dan dehidrasi, sehingga tubuh akan mengalami jet lag setelah tiba di tempat tujuan.

3. Menggunakan headphone

Rasa cemas yang berlebihan dapat membuat seseorang mengalami jet lag. Karena itu, cobalah mendengarkan musik menggunakan headphone yang membuat pikiran tenang, sehingga mencegah jet lag.

4. Jangan minum obat tidur

Obat tidur tidak akan membantu seseorang untuk mencegah jet lag. Obat tidur hanya akan membuat seseorang merasa cemas selama penerbangan. Daripada minum obat tidur, lebih baik meminum teh agar tubuh nyaman.

5. Peregangan ringan

Setelah tiba di tempat tujuan, jangan langsung beristirahat, tetapi cobalah melakukan peregangan ringan. Cara ini akan membuat darah lebih mengalir, sehingga tubuh cepat menyesuaikan kondisi di tempat baru.

6. Mengatur jam tubuh

Seseorang harus mengatur jam istirahat tubuh dengan waktu tempat tujuan. Jika tiba di malam hari, cobalah untuk tidak tidur selama di pesawat. Jika tidak, maka seseorang akan menghabiskan malam hanya untuk berusaha tidur.

7. Manfaatkan sinar matahari

Terkadang seseorang cenderung menghindari sinar matahari dengan berbagai alasan. Padahal, vitamin D dari sinar matahari sebelum dan setelah penerbangan dapat membantu tubuh menyesuaikan diri dengan tempat baru, sehingga mencegah jet lag.

Itulah ketujuh cara untuk mencegah jet lag yang dapat anda praktekkan. Tanpa mengalami jet lag, maka anda pun akan semakin merasakan kebahagiaan ketika melakukan perjalanan travelling.

Penyebab Jet Lag

Jet lag biasanya dialami oleh seseorang yang bepergian melintasi zona waktu berbeda. Misalnya saja penumpang dari London ke Tokyo kemungkinan besar akan mengalami jet lag.

Para ahli lain juga mengatakan ada hubungan antara tingkat lingkungan oksigen dan kerentanan terhadap jet lag. Kabin tekanan udara pesawat terbang jauh lebih rendah daripada di permukaan laut.

Artinya, jumlah oksigen mencapai otak seseorang mungkin lebih rendah ketika jumlah penumpang di dalam kabin. Sehingga hal ini mungkin membuat seseorang mengalami kondisi sedikit lesu, mual dan sakit kepala.

loading...
Loading...
minum obat langsung berkeringat

7 Cara Mencegah Jet Lag Setelah Naik Pesawat | akbar | 4.5