7 Cara Mencegah Jerawat yang Harus Anda Ketahui

Munculnya jerawat menjadi pertanda usia puber. Banyak remaja yang merasa bahagia bangga ketika hadir jerawat di wajah mereka untuk pertama kalinya, karena itu artinya ia sudah mulai dewasa. Namun kebahagiaan tersebut akan hilang ketika ternyata jerawat begitu betahnya menempel di wajah. Berbagai cara menghilangkan jerawat di wajah pun akhirnya dicoba.

Cara Mencegah Jerawat

Cara menghilangkan jerawat tidak akan ampuh bila tidak diimbangi dengan langkah pencegahan jerawat. Untuk anda yang belum tahu bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak lagi muncul di wajah, maka anda bisa mencobanya tips berikut ini untuk mencegah jerawat :

1. Anda perlu mencuci wajah setiap hari. Mencuci wajah bisa anda lakukan tiga kali sehari menggunakan air hangat serta wajah lembut yang sesuai untuk kulit berminyak/berjerawat. Saat mencuci, pijatlah wajah dengan gerakan memutar perlahan.

Jangan menggosok atau mencuci wajah secara berlebihan karena itu bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan membuatnya lebih rentan terhadap serangan bakteri.

Setelah wajah selesai dibersihkan, maka selanjutnya bisa anda oleskan lotion anti-jerawat yang mengandung benzoyl peroxide.

2. Jangan menyentuh wajah dengan kondisi jemari kotor. Anda tak akan tahu bakteri apa yang menempel di tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah keharusan.

3. Rambut juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat karena kotoran yang menempel di rambut yang tergurai di wajah bisa menjadi sarang bakteri. Maka dari itu, anda pun perlu menjaga kebersihan rambut dan sebaiknya usahakan agar rambut tidak sering menempel di wajah. Untuk itu anda bisa memotong poni atau mengikat rambut.

4. Selain wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung. Karena itu, untuk cara mencegah jerawat di punggung maka sebaiknya anda mengenakan pakaian yang ringan, longgar, dan menyerap keringat agar kulit bisa bernapas.

5. Mengurangi pemakaian bando kain, scarf, dan topi yang merupakan tempat berkumpulnya minyak dan debu serta sebaiknya anda ganti seprai, sarung bantal, waslap, dan handuk sesering mungkin.

6. Make up yang sudah berubah penampilan atau aromanya tidak boleh lagi digunakan. Karena itu sebaiknya anda buang, terlebih bila sudah kadaluwarsa. Perlu juga anda lakukan untuk mencuci kuas, pemulas, dan sikat makeup menggunakan cairan antiseptik atau ganti secara berkala.

7. Lindungilah kulit kulit wajah dari sinar matahari karena merangsang kulit mengeluarkan lebih banyak sebum yang bisa mengundang atau memperparah jerawat. Saat akan keluar rumah, anda bisa menggunakan topi atau payung. Bila memang tidak perlu, maka sebaiknya anda tidak keluar rumah saat siang hari.

Dengan melakukan pencegah jerawat seperti di atas, maka jerawat pun tidak akan dengan mudah muncul di wajah anda. Anda pun akan terlihat lebih cantik dan percaya diri.

loading...
Loading...
7 Cara Mencegah Jerawat yang Harus Anda Ketahui | akbar | 4.5