7 Cara Mencegah Insomnia atau Sulit Tidur di Malam Hari

Sulit tidur atau insomnia banyak dialami oleh masyarakat modern masa kini. Penyebabnya bisa karena rasa cemas atau stres dan bisa juga karena akibat dari pengaruh obat-obatan. Bila Insomnia terus menerus terjadi pada anda, maka hal itu akan dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan, tenaga, dan suasana hati anda secara menyeluruh.

Karena insomnia tidak baik bagi kesehatan, karena itu harus dicegah. Adapun cara mencegah insomnia atau susah tidur di malam hari bisa dilakukan dengan beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Hindari makan makanan berat sebelum tidur. Pastikan terlebih dulu, waktu makan anda tiga sampai empat jam sebelum tidur. Sehingga, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dengan baik.

2. Minumlah segelas susu hangat dan madu di malam hari. Kandungan tryptophan dalam susu akan membantu anda tidur lebih nyenyak. Usahakan, minumlah segelas susu yang rendah lemak.

3. Wewangian seperti aroma bunga lavender seringkali dapat membantu tidur dengan nyenyak. Karena itu anda bisa mengoleskan sedikit minyak lavender di pelipis atau bantal anda sebelum tidur.

4. Tubuh yang rileks dapat membantu tidur lebih cepat. Karena itu untuk membuat anda merasa lebih rileks, maka anda juga dapat melakukan mandi aromatik, yang dapat menenangkan tubuh anda sebelum tidur.

5. Siang hari dengan angin yang sepoi-sepoi membuat mata terasa lebih berat dan mengantuk. Nah bila anda mengantuk di siang hari, maka usahakan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Usahakan hanya 30 menit saja, biar anda dapat tidur di malam hari tepat waktu.

6. Selain makan, biasakan untuk berolahraga beberapa jam sebelum tidur. Dengan berolahraga, hal itu akan dapat merangsang dan tidak akan menghambat jadwal tidur anda.

7. Dan yang terpenting, hindari meminum kafein setidaknya empat jam sebelum tidur. Selain itu, hindari juga untuk konsumsi alkohol, karena dapat menghambat tidur.

Itulah beberapa cara untuk mencegah insomnia dan meningkatkan jadwal tidur yang dapat anda lakukan sebagaimana yang dikutip dari laman Health Me Up. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
7 Cara Mencegah Insomnia atau Sulit Tidur di Malam Hari | akbar | 4.5