6 Tips Makan Sahur untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Halaman: 1 2

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barokah dimana setiap amal kebaikan akan dinilai berlipat oleh Allah SWT. Karena itu, tidak sedikit ibu hamil dan menyusui yang memutuskan untuk tetap menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Asalkan dilakukan dengan benar dan kondisi tubuh pun memungkinkan, maka puasa bisa tetap jalan terus tanpa perlu khawatir akan terganggunya kesehatan ibu hamil atau menyusui.

Tips Sahur untuk Ibu Hamil atau Ibu Menyusui yang Ingin Berpuasa

Bagi ibu hamil atau menyusui yang ingin berpuasa, makan sahur adalah keharusan. Hal ini karena makan sahur ibarat sarapan yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang akan digunakan selama sehari penuh nantinya ketika berpuasa.

Berikut adalah beberapa tips sahur untuk ibu hamil dan menyusui :

1. Pilih Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Untuk makan sahur, pastikan ibu hamil atau menyusui mengonsumsi makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Komposisi yang seimbang adalah 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi dan atau gandum. Sementara untuk sumber protein bisa diperoleh dari daging, ayam, tahu atau tempe.

2. Sayuran dan Buah

Mengonsumsi sayuran dan buah saat bersahur sangat baik dan dianjurkan untuk mencegah sembelit dan melancarkan BAB. Kebiasaan orang yang sahur adalah melupakan serat, karena itu banyak orang yang puasa mengalami masalah BAB tidak lancar. Padahal, akibat dari BAB tidak lancar pada ibu hamil adalah resiko terkena wasir.

3. Minum Susu

Susu adalah minuman sehat yang menjadi sumber penambah kekuatan ibu hamil untuk berpuasa. Namun untuk ibu hamil atau menyusui yang memiliki kadar gula darah tergolong tinggi, maka sebaiknya minum susu plain atau boleh juga ditambah pemanis yang aman atau disarankan.

loading...
Loading...
buah mentega untuk ibu hamil

6 Tips Makan Sahur untuk Ibu Hamil dan Menyusui | akbar | 4.5