6 Tips Cara Tidur yang Enak Saat di Pesawat

Tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan di pesawat. Karena itu, banyak orang lebih memilih untuk tidur selama di pesawat.

Sayangnya, deru suara bising yang muncul dari mesin pesawat selain menyakitkan telinga juga seringkali membuat kita merasa sangat terganggu dan membuat tidur di pesawat menjadi hal yang tidak menyenangkan. Namun dengan beberapa tips sederhana berikut ini bisa membuat anda bisa tidur di pesawat dengan rasa yang nyaman. Bagaimana caranya?

Terru Cralle, seorang edukator tidur klinis, sebagaimana yang dikutip dari laman Foxnews, memberikan enam cara mudah tidur selama perjalanan udara. Berikut diantaranya:

1. Rencanakan sebelumnya

Merencanakan tidur di pesawat adalah salah satu cara yang bisa membuat Anda tertidur nyenyak. Karena Anda tahu pada apa yang harus dilakukan setelah sampai di pesawat.

Beberapa aktivitas melelahkan sebelum bersiap ke pesawat juga bisa membantu Anda tertidur nyenyak. Pasalnya, rasa lelah tersebut akan membuat Anda beristirahat lebih santai di pesawat.

2. Merenung

“Baru-baru ini, aplikasi suara pemandu meditasi telah populer, dan memang demikian,” ujar Cralle. Cralle melanjutkan, panduan dengan suara lembut dapat membantu otak untuk bersantai lebih cepat, terutama saat pendengar diminta untuk membayangkan sesuatu dengan semua indera mereka.

“Jika dipandu untuk membayangkan adegan di tepi pantai di mana Anda membayangkan mendengar suara ombak, melihat langit, bau bunga, udara dan garam, itu bisa sangat membantu Anda melepaskan diri dan tertidur,” jelas Cralle.

3. Bawa minyak lavender

Cralle mengatakan sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang menghirup minyak lavender 100 persen sebelum dan selama tidur akan mengalami penurunan tekanan darah dan pola tidur yang lebih dalam daripada mereka yang tidak. Anda bisa meneteskan minyak lavender tersebut ke bantal kecil perjalanan Anda, mengoleskan ke pelipis dan pergelangan tangan setelah Anda duduk di kursi.

4. Abaikan hiburan

Meski banyak pesawat memberikan fasilitas hiburan, cobalah untuk menghindarinya jika ingin tidur.

“Hasil akhir dari menatap layar selama penerbangan dapat membuat cahaya menerpa retina Anda yang akan mengatakan pada otak dan tubuh Anda bahwa ini adalah siang hari dan akan sulit membuat Anda tertidur,” jelas Cralle.

5. Membuat daftar

Sebelum tidur, buatlah daftar apa yang akan Anda lakukan setelah bangun tidur. Dengan demikian, maka jelas kapan waktunya Anda akan istirahat dan kapan Anda akan melakukan hal yang lainnya.

6. Bawa barang favorit

Anda bisa membawa barang favorit untuk membantu tidur dengan nyenyak. Misalnya Anda memiliki bantal atau boneka kesayangan, Anda bisa membawanya sehingga merasa seperti tengah berada di rumah. Anda juga bisa menggunakan sweater atau syal favorit yang nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar bisa tidur nyaman saat berada di pesawat udara. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
6 Tips Cara Tidur yang Enak Saat di Pesawat | akbar | 4.5