6 Tips Cara Tepat Membeli Hewan Kurban yang Baik dan Sehat

Lebaran Idul Adha atau yang kita kenal juga dengan hari raya kurban tinggal beberapa hari. Sayangnya, disaat seperti ini masih banyak masyarakat yang bingung dengan cara memilih hewan kurban yang baik dan juga.

Tapi jangan khawatir, disini kami ingin berbagi tips untuk anda yang ingin memilih dan membeli hewan kurban yang siap dipotong dan dagingnya aman dikonsumsi. Berikut tips memilih dan membeli hewan kurban sebagaimana yang dikutip dari detik.com:

  1. Jangan membeli hewan kurban (sapi dan kambing) yang loyo. Itu ciri-ciri dia sedang sakit, cari yang lincah karena itu sehat.
  2. Jangan ragu memeriksa fisik hewan seperti melalui bulu dan lubang-lubang bagian hewan kurban. Hewan kurban yang sehat tidak mengeluarkan cairan (darah atau lendir) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, teling, mulut, ataupun anus.
  3. Coba dilihat giginya sudah tanggal atau belum. Kalau belum berarti dia belum dewasa dan belum layak untuk dipotong sebagai hewan kurban. Untuk sapi dan kerbau bisa dengan usia sekitar 2 tahun, sedangkan kambing dan domba berkisar usia 1 tahun.
  4. Coba dilihat kotoran hewan kurban yang akan dibeli. Bila kotoran yang dikeluarkan hewan kurban padat maka kondisinya sehat. Sedangkan jika kotorannya cair menandakan hewan tersebut tidak sehat.
  5. Lihat juga tempat jualannya, bersih atau tidak? Karena itu juga bisa mempengaruhi hidup sementara hewan kurban.
  6. Langkah terakhir dan yang paling penting adalah menanyakan soal sertifikasi/label kesehatan hewan yang diterbitkan Dinas Kesehatan setempat. Jika tidak ada maka calon pembeli bisa beralih ke tempat penjualan hewan kurban lain yang jauh lebih aman.

Itulah tips cara memilih dan membeli hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing atau domba yang dapat kami berikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkurban.

loading...
Loading...
ciri ciri kambing

6 Tips Cara Tepat Membeli Hewan Kurban yang Baik dan Sehat | lawas | 4.5