6 Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar Ginjal Sehat, Perbanyak Minum Air Putih. Minum Air Putih Agar Ginjal SehatGinjal merupakan organ dalam tubuh yang merupakan bagian dari sistem urin. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring dan membersihkan kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Bila tidak dipelihara dengan baik, maka ginjal bisa cepat rusak dan mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit kardiovaskuler, kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid. Karena itu, jagalah ginjal anda selagi masih sehat dan berfungsi dengan baik.

Menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko dari penyakit ginjal adalah hal yang utama yang perlu dilakukan. Selain itu, pilihan gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana caranya untuk menjaga ginjal agar tetap sehat yang bisa dilakukan:

1. Makan-makanan yang sehat
Konsumsilah makanan yang alami dan sehat untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi alami dan minim zat pengawet atau zat kimia lainnya pada makanan tersebut akan membuat ginjal selalu sehat. Berbeda dengan makanan olahan yang banyak mengandung bahan kimia, membuat ginjal bekerja lebih keras menyaring zat kimia tersebut.

2. Rajin olahraga
Olahraga yang teratur akan membuat kesehatan tubuh terjaga, termasuk juga ginjal. Dengan olahraga maka anda bisa memacu fungsi metabolisme tubuh berjalan baik.

3. Stabilkan gula darah
Kondisi kadar gula dalam darah juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Tak heran jika pasien diabetes kerap mempunyai masalah pula pada organ ginjalnya. Jagalah kadar gula darah dengan asupan rendah gula, agar ginjal tak bekerja terlalu keras menyaringnya.

4. Jaga tekanan darah
Jaga agar tekanan darah stabil. Dengan tekanan darah yang stabil, maka kondisi ginjal juga akan sehat. Ini karena ginjal juga turut berpengaruh untuk memelihara kesehatan sirkulasi darah. Jika kondisi tekanan darah tidak stabil, maka ginjal akan bekerja lebih keras dan rentan sakit.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga anda tidak akan mengalami dehidrasi.

6. Batasi konsumsi obat
Jangan biasakan diri minum obat kimia jika mengalami sakit sedikit. Misal pusing sedikit, minum obat. Ini akan membuat ginjal bekerja keras. Konsumsilah obat herbal atau bahan alami untuk mengatasi sakit anda. Akan lebih baik bila setiap obat yang anda konsumsi dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

loading...
Loading...
bagaimana caranya agar kamu tidak sampai mengalami sakit ginjal, ciri ginjal sehat kumpulan tips

6 Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal | chsa | 4.5