6 Tips Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang sangat membutuhkan nutrisi. Sayangnya, orang tua seringkali kesulitan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak, terutama nutrisi yang berasal dari buah dan sayur.

Ya, seringkali anak-anak memang sangat sulit bila diajarkan untuk mengonsumsi makan buah dan sayur. Padahal, buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan dan perkembangan anak.

Dalam menciptakan kebiasaan makan sehat anak, maka peran orang tua sangatlah penting. Termasuk juga adalah bagaimana caranya agar anak menjadi terbiasa dan mau makan buah serta sayur setiap harinya.

Selain pemberian makan yang tepat, faktor lingkungan dan teman-teman anak juga penting untuk mendukung kebiasaan anak untuk makan sehat serta mengonsumsi buah dan sayur.

Tips Bagaimana Caranya untuk Mengajari Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Dikutip dari laman republika, Anna Surti Ariana S.Psi, M.Si, Psikolog Anak dan Keluarga, saat berbicara di mini talkshow Piknik Sehat Bersama SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur, di Taman Buah Mekarsari, Minggu (13/11/2016), menuturkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membiasakan anak makan makanan sehat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Dengan bercerita tentang makanan menggunakan tokoh atau karakter menarik.

2. Buat si Kecil merasa lapar dengan jadwal makan yang teratur.

3. Biarkan anak ikut membantu ibu memasak di dapur. Ibu bisa melibatkan anak saat memasak seperti dengan memintanya memotong sayur atau memilah-milah sayur atau hanya sekadar mencuci sayur.

4. Berikan alat makan yang lucu dan menarik.

5. Agar anak tertarik memakannya, ibu perlu menata makanan seunik mungkin. Bila perlu ajak anak ikut membantu menyajikan makanan.

6. Berikan pilihan pada anak. Misalnya anak bisa memilih akan memasak sayuran apa untuk menu makannya atau biarkan anak memilih porsi sayuran dan buah yang akan dikonsumsinya.

Dalam mengajarkan anak untuk terbiasa makan makanan sehat seperti buah dan sayur tentunya tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Dibutuhkan konsistensi dari orangtua untuk mendukungnya agar anak bisa belajar untuk menyukai buah dan sayur.

loading...
Loading...
buah pik, sek ibu dan anakkecil

6 Tips Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah | akbar | 4.5