6 Tanda-tanda Awal Wanita yang Sedang Hamil Muda

Anda masih belum yakin hamil meski sudah 2 minggu lebih terlambat haid? Maka untuk memastikan apakah anda sedang hamil ataukah tidak, ada baiknya untuk memperhatikan gejala hamil muda berikut ini.

Sebenarnya ada cara untuk mengetahui positif hamil ataukah tidak yang cukup akurat dan bisa dengan cepat dilakukan. Yaitu dengan menggunakan alat test pack untuk mengetahui hamil atau tidaknya. Namun demikian, untuk mengetahui apakah anda positif hamil ataukah tidak bisa dilakukan dengan mengetahui gejala-gejala hamil muda yang mungkin dirasakan oleh tubuh.

Tanda-tanda Hamil Muda

Setiap wanita, bisa jadi akan berbeda gejala atau tanda hamil muda yang dialami. Meski demikian, kurang lebih gejala umum yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil muda diantaranya adalah sebagai berikut sebagaimana yang dikutip dari laman KlikDokter.com:

1. Gampang Lelah

Gejala kehamilan berupa tubuh gampang lelah biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Ini biasa terjadi pada usia kehamilan berumur 1 minggu.

Penyebab tubuh gampang lelah biasanya dikarenan oleh anemia, tekanan darah rendah, dan kadar gula darah yang rendah.

Namun jika ternyata jumlah hemoglobin, tekanan darah, dan kadar gula tubuh anda normal, mungkin penyebab dari tubuh mudah lelah tersebut karena anda sedang kehamilan – terlebih bila ternyata gejala tersebut juga disertai dengan terlambat haid.

2. Mual dan Muntah

Terutama bila terjadi di pagi hari, mual dan muntah merupakan gejala yang paling umum dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Bahkan ada juga terkadang wanita yang mengalami gejala hamil berupa sering mual muntah ini juga bisa terus berlanjut hingga trimester kedua, ketiga, bahkan sepanjang masa kehamilan.

3. Perubahan pada Payudara

Perubahan pada payudara biasa terjadi pada wanita yang hamil dimana payudara menjadi terasa lebih besar dan penuh, lebih sensitif, dan jika disentuh yerasa agak nyeri. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh wanita yang sedang hamil muda.

4. Sering Buang Air Kecil

Sering bolak-balik ke toilet juga biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Selain karena volume urine yang memang bertambah banyak, penyebab sering kencing juga dikarenakan oleh rahim yang semakin membesar juga menekan kandung kemih, sehingga lebih cepat merasakan sensasi ingin buang air kecil. Gejala hamil seperti ini biasanya dialami wanita pada usia kandungan 6 hingga 8 minggu.

5. Susah Buang Air Besar

Karena dengan bertambahnya usia kehamilan, meningkat pula hormon progesteron, gerakan saluran cerna pun melambat. Hal ini menyebabkan wanita hamil kerap mengalami sulit buang air besar. Gejala ini sering kali diikuti dengan sensasi perut kembung dan begah.

6. Suasana Hati Gampang Berubah

Mirip saat menjelang masa menstruasi, wanita yang sedang hamil muda juga bisa mengalami perubahan hormonal yang cukup signifikan. Akibatnya adalah terjadi perubahan suasana hati atau mood. Wanita yang sedang hamil, biasanya akan menjadi lebih mudah mengalami perubahan mood yang drastis dan signifikan. Terkadang merasa sedih, lalu senang, dan sebagainya.

Nah, apakah anda merasakah salah satu gejala awal dari kehamilan seperti di atas? Bila ia, maka ada baiknya untuk coba memastikannya dengan pergi ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui secara pasti apakah anda benar hamil ataukah tidak. Semoga saja masa kehamilan sedang anda jalani bisa lancar hingga masa melahirkan nanti.

loading...
Loading...
6 Tanda-tanda Awal Wanita yang Sedang Hamil Muda | akbar | 4.5