6 Penyebab Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik.

Sangat penting untuk mengetahui gejala awal penyakit diabetes. Beberapa gejala awal penyakit diabetes misalnya adalah tubuh sering merasa haus, lapar, sering kencing, berat badan menurun, mata kabur, luka lama sembuhnya, badan terasa lemah dan mudah mengantuk.

Selain karena faktor bawaan, ada juga faktor penyebab diabetes lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mungkin saja menjadi penyebab penyakit diabetes sebagaimana dialnsir Solopos:

1. Sering Melewatkan Sarapan
Orang yang selalu melewatkan sarapan akan memiliki peningkatan risiko terkena diabetes sebesar 21%, demikian hasil dari sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition

loading...

Sarapan merupakan sesi makan utama karena protein dan lemak sehat yang ada dalam menu sarapan akan menstabilkan kadar gula darah sepanjang hari.

Apabila tidak diawali dengan sarapan, maka pada saat makan siang justru kadar gula darah akan meningkat.

2. Sering Mengkonsumsi Pemanis Buatan
Pemanis buatan memengaruhi proses pengolahan glukosa dalam tubuh. Sebuah studi dari peneliti Israel, menunjukkan bahwa pemanis buatan akan membuat kadar gula darah menjadi lebih tinggi dibanding pemanis alami.

Pemanis buatan bisa mengubah bakteri usus, yang kemudian juga akan memengaruhi tubuh dalam memproses glukosa.

Hasil penelitian dari Israel tersebut juga menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi gula buatan dalam jangka panjang akan memiliki kemungkinan menderita diabetes lebih tinggi.

3. Makan Makanan Tinggi Lemak
Dalam Journal of Nutrition 2011, kandungan lemak memengaruhi gula darah. Kadar lemak dalam darah yang tinggi akan memengaruhi kemampuan tubuh dalam membersihkan gula dalam darah.

Lemak yang menumpuk pada pembuluh darah akan menghambat jalannya aliran darah, sehingga proses pengolahan glukosa ikut tidak lancar.

4. Stres
Dalam buku Stopping Diabetes In Its Tracks, stres dapat menyebabkan gula darah meningkat dengan sangat cepat. Hal tersebut disebabkan karena hormon stres yang dilepaskan akan membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga produksi sel insulin meningkat.

5. Merokok
Hasil dari sebuah studi di Universitas California State Polytechnic, pada 2011, menemukan bahwa darah yang mengandung banyak nikotin, memiliki tingkat A1C cukup tinggi.

A1C adalah ukuran standar gula darah. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan risiko komplikasi diabetes kronis, seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

6. Istirahat Tidak Teratur
Hasil sebuah penelitian di Belanda, menunjukkan bahwa penderita diabetes yang tidur malam selama empat jam akan mengalami penurunan gula darah sebanyak 20%.

Namun demikian, perhatikan juga waktu tidur Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu tidur berkualitas yang cukup, karena menurut Patty Bongsignore, seorang pengamat diabetes di Joslin Diabetes Center di Boston, menyatakan kurang tidur adalah salah satu bentuk stres knonis. Padahal, stres dapat meningkatkan kadar gula sarah dalam tubuh.

loading...
Loading...
6 Penyebab Penyakit Diabetes | lawas | 4.5