6 Penyebab Aplikasi Android Sering Crash dan Muncul Pesan Force Close

Halaman: 1 2

Pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi Android pastinya sudah terbiasa dengan namanya masalah ‘crash’ atau ‘force-closed’ pada aplikasi tambahan yang digunakan. Hal itu pastinya sangatlah menjengkelkan karena tiba-tiba saja aplikasi hang dan tertutup dengan sendirinya.

Walaupun OS Android saat ini sudah mencapai generasi ke 6, atau Marshmallow, namun tetap saja kejadian aplikasi crash tetap menjadi keluhan banyak pengguna. Selama ini mungkin anda berpikir bahwa masalah tersebut terjadi karena sistem operasi Android yang digunakan. Namun sebenarnya ada beberapa alasan mengapa sebuah aplikasi mengalami crash.

1. Jaringan internet putus-nyambung

Kualitas jaringan internet menjadi faktor penting untuk jenis aplikasi Android yang hanya bisa dijalankan online. Karena itu, ketika terjadi perubahan mendadak pada koneksi internet, seperti misalnya penurunan kecepatan atau berkurangnya kapasitas bandwidth, maka seringkali aplikasi-aplikasi tersebut terpaksa berhenti beroperasi dan berujung pada crash.

Solusi untuk mengatasi masalah aplikasi crash saat dijalankan pada kondisi minim sinyal atau saat koneksi ‘putus-nyambung’ adalah anda harus mencari jalan alternatif dengan menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi.

2. Bug fatal

Bahkan aplikasi besutan dari perusahaan raksasa seperti facebook pun hingga saat ini masih terus mengeluarkan update pembaruan untuk menyempurnakan aplikasi mereka, terutama untuk memperbaiki bug atau kesalahan sistem.

Aplikasi yang sering mengalami masalah crash sejak awal diinstal bisa jadi memang bermasalah sejak awal.

Karenanya untuk menghindari instal aplikasi bermasalah tersebut, anda sebaiknya terlebih dahulu mengecek adanya bug fatal pada aplikasi. Untuk itu anda bisa mengecek di kolom review aplikasi tersebut di Google Play. Biasanya kasus-kasus bug akan dilaporkan di sini.

loading...
About these ads

Loading...
6 Penyebab Aplikasi Android Sering Crash dan Muncul Pesan Force Close | akbar | 4.5
Android sering crash, apa crash di android, Cara mengatasi Android yang crash, cara mengatasi aplikasi crash, cara mengatasi aplikasi yang crash di android, cara mengatasi crash aplikasi android, penyebab aplikasi crash di android