6 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik baunya yang tidak anda sukai, ternyata jengkol memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh, mulai dari penyakit jantung hingga diabetes.

Jengkol terkenal dengan baunya yang yang khas dan menyengat yang dapat menyebabkan masalah bau mulut bagi penikmatnya. Namun dibalik baunya tersebut, mengonsumsi jengkol ternyata juga memberikan manfaat yang cukup baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

Salah dalam cara mengolah sayur jengkol memang tidak hanya akan menyebabkan bau mulut bagi yang memakannya, namun juga dapat menyebabkan gangguan saluran pembuangan air kencing. Tapi bila diolah dengan benar, jengkol bisa menjadi makanan yang lezat dan pastinya akan memberikan dampak baik terhadap kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini adalah segudang manfaat sehat dari mengonsumsi jengkol bagi kesehatan tubuh:

1. Pembentukan Jaringan Tubuh

Jengkol memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membantu dalam proses pembentukan jaringan dalam tubuh. Bila dibandingkan dengan kacang hijau dan kedelai, kandungan protein yang ada pada jengkol ternyata jauh lebih banyak.

2. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam jengkol angat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa kekurangan zat besi dalam tubuh akan menyebabkan berkurangnya produksi sel-sel darah merah. Sebagai akibat dari berkurangnya sel merah, maka suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan ikut berkurang.

Ketika suplai oksigen dan zat-zat makanan pada sel berkurang, maka hal tersebut akan menurunkan fungsi/ kinerja sel. Karenanya jangan heran bila seseorang mengalami kekurangan zat besi, maka ia akan terlihat lemas, mudah lelah, dan tidak bersemangat. Bagi anda yang sedang mengalami masa menstruasi, mengonsumsi jengkol sangat dianjurkan untuk menghindari tubuh dari kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar.

3. Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat Tulang dan Gigi

Jengkol memiliki kandungan berupa kalsium dan fosfor yang mana kedua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang, yaitu untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis). Dengan mengonsumsi jengkol dalam porsi cukup setiap harinya, maka akan membuat tubuh anda menjadi lebih kuatengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

4. Membasmi Radikal Bebas

Ada banyak kandungan vitamin yang ada dalam jengkol, termasuk diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Fungsi vitamin A adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Selain itu vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan yang mana manfaat antioksidan dikenal ampuh untuk menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

5. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Jengkol termasuk bahan makanan yang bersifat diuretic, yaitu makanan yang akan membuat pembuangan urine menjadi lancar. Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

6. Merampingkan Perut

Bagi anda yang ingin memiliki perut ramping, maka anda bisa coba konsumsi jengkol. Jengkol memiliki kandungan seratnya yang tinggi yang bisa membantu melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung akan membuat perut menjadi langsing. Salah satu penyebab perut buncit pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar serta tidak teratur.

Namun ingat, pastikan anda mengolah jengkol dengan benar.

Bahaya Makan Jengkol Secara Berlebihan

Apapun yang namanya berlebihan pastilah tidak baik, begitu juga dengan jengkol. Khususnya untuk anda yang memiliki masalah dengan organ ginjal, maka sebaiknya anda menghindari untuk mengonsumsi jengkol. Karena di dalam jengkol terkandung zat asam jengkolat yang berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Itulah alasannya mengapa penderita gangguan ginjal dilarang mengonsumsi jengkol.

Dikhawatirkan bila anda tetap memaksakan diri untuk makan jengkol, maka ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat yang terjadi bila ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

Bahkan untuk orang yang sehat sekalipun, mengonsumsi jengkol sebaiknya dalam porsi yang cukup. Jumlah konsumsi jengkol yang dianjurkan hanya 3 hingga 10 gram saja per hari. Tujuannya adalah agar tubuh anda tetap sehat meski anda makan jengkol setiap hari.

loading...
Loading...
6 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5