6 Manfaat dari Kulit Durian

Siapa yang tidak suka dengan buah durian?

Buah dengan aroma khas yang menyengat ini sangat populer dan cukup digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat, tak terkecuali anda mungkin.

Namun saat berbicara mengenai kulit durian, maka yang terpikir mungkin adalah sampah. Ya mau dibuat apalagi kulit durian, dimakan? Tentunya itu tidak mungkin.

Tahukah anda bahwa kulit durian yang memiliki duri-duri cukup tajam ini ternyata ada manfaatnya. Mau tahu apa manfaat kulit durian?

Sehabis makan durian, coba cium tangan anda. Bau khas buah durian akan terus menempel ikut kemanapun anda pergi. Bau di tangan tersebut tidak akan bisa cepat hilang. Nah, kulit durian bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

1. Menghilangkan Bau Durian di Tangan

Untuk cara menghilangkan bau durian yang menempel di tangan, isi kulit bagian dalam dengan air. Gunakan air tersebut untuk mencuci tangan.

Saat mencucui, jangan lupa sambil diaduk airnya. Pada proses ini maka zat-zat dalam kulit durian akan bercampur dengan air yang kemudian akan menetralkan baunya.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Sama seperti pada cara menghilangkan bau durian di tangan. Cara menghilangkan bau mulut setelah makan durian adalah dengan menuang air putih ke kulit bagian dalam. Gosok sebentar bagian dalamnya lalu minum air tersebut.

3. Obat Sakit Perut

Bersihkan kulit durian. Hancurkan kulit durian sampai lumat seperti pasta, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya tempelkan pasta kulit durian ke perut sampai mengering.

Selain untuk obat sakit perut, pasta kulit durian juga bisa digunakan untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar dan juga untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap). Untuk cara mengunakannya juga sama seperti cara mengobati sakit perut alami diatas, yaitu dengan dioleskan.

4. Bahan Pengental

Kulit durian memiliki kandungan pektin yang bisa digunakan sebagai bahan pengental. Pektin adalah senyawa yang baik digunakan sebagai pengental dalam makanan. Sehingga pektin yang diperoleh dari kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai pengental dalam pembuatan cendol atau dapat juga dijadikan sebagai tepung.

5. Obat Nyamuk Alami

Kulit durian mengandung minyak atsiri yang sangat menyengat dan tidak disukai nyamuk. Karena itu kulit durian bisa dijadikan sebagai alternatif obat nyamuk yang alami.

Untuk cara mengusir nyamuk, maka kumpulkan kulit durian, lalu jemurlah sampai kering. Bila sudah kering, bakarlah seperti membakar obat nyamuk, nyamuk dan lalat akan segera pergi.

6. Membersihkan Tumpahan Minyak

Sifat menyerap pada kulit durian bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak di daerah pantai yang mengakibatkan dampak negatif, bukan saja terhadap seluruh makhluk laut, tapi juga terhadap aktivitas ekonomi manusia. Kulit durian yang sebenarnya merupakan sampah pertanian ini ternyata memiliki potensi komersil yang besar dikarenakan efisiensinya dalam menyerap minyak, efektif secara finansial ditambah sifat biodegradasinya.

loading...
Loading...
efek air asin terhadap kulit

6 Manfaat dari Kulit Durian | akbar | 4.5